Plt Bupati Ajak Masyarakat Salat Istiska

Setelah Melaksanakan Shalat Jumat

CIANJUR – Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman, mengeluarkan surat imbauan untuk pelaksanaan shalat istisqa oleh seluruh masyarakat pada Jumat (9/8) usai shalat Jumat. Imbauan ini dilakukan sehubungan dengan terjadinya musim kemarau berkepanjangan yang berdampak pada kekeringan dan rusaknya sejumlah lahan pertanian.

“Saat ini di beberapa wilayah sedang mengalami kekeringan akibat kemarau panjang,” kata Herman, Kamis (8/8).

Mengatasi hal itu, kata dia, pihaknya sudah menerbitkan surat imbauan kepada seluruh perangkat daerah agar melaksanakan shalat istisqa di kecamatan masing-masing. Selain itu, Herman juga mengajak warga di wilayah perkotaan untuk shalat istisqa berjamaah di alun-alun Cianjur pada pukul 13.30 Wib setelah shalat Jumat.

“Kekeringan ini mengakibatkan sulitnya air bersih dan lahan pertanian juga rusak, terutama areal pesawahan. Maka, alangkah baiknya kita sama-sama berdoa kepada Allah SWT untuk meminta menurunkan hujan. Karena shalat istisqa ini juga sudah dilakukan pada masa Rasulullah,” ungkapnya.

Selain itu, Herman juga mengingatkan jajarannya untuk selalu siap siaga menghadapi kekeringan. Tidak hanya kekurangan pasokan air bersih, tetapi kekeringan juga dikhawatirkan menimbulkan kebakaran.

“Pemadam kebakaran juga harus selalu siaga, karena kekeringan bisa saja menimbulkan kebakaran,” ujar dia.

Di samping itu, Herman mengatakan, untuk mengatasi sementara kekurangan air, pihaknya sudah memasok air bersih ke wilayah-wilayah tertentu yang terkena dampak. Pihaknya juga meminta Perumdam selalu mengawasi pelayanan penyediaan air bersih bagi warga.

“BPBD juga sudah mengeluarkan surat siaga kekeringan, dan musim kemarau diprediksi berakhir pada bulan Agustus ini,” pungkasnya.(yis/sri).

plt bupatisalat sistiska
Comments (0)
Add Comment