Smanda Tawarkan Empat Program Unggulan

Sekolah Bersinar, Adiwiyata Nasional, SRA dan Penguatan Literasi

SUKABUMI – Empat program unggulan telah disiapkan oleh SMAN 2 Sukabumi menghadapi tahun ajaran baru 2019/2020. Program unggulan tersebut bertujuan untuk mencetak para siswa memiliki wawasan global dan berprestasi.

Kepala SMAN 2 Sukabumi, Ceng Mamad, mengatakan, SMAN 2 Kota Sukabumi pada tahun ajaran baru ini mengusung sebuah tagline yakni Smanda Hebat.

“Jadi Smanda Hebat ini merupakan akronim dari humanis, elegan, berbudaya, akademik,” kata dia kepada Sukabumi Ekspres, Selasa (2/7).

Ceng Mamad melanjutkan, humanis memiliki nilai-nilai kemanusiaan dijunjung tinggai di sekolah. Elegan, penampilan akan sekolah itu harus elegan dan indah, berbudaya, sekolah harus menciptakan budaya mutu yang baik kepada anak didik. Mengajarkan karakter yang baik, dan menekankan lima budaya agar hidup bisa berkembang dengan baik idantaranya budaya bersih, budaya antri, budaya disiplin, budaya jujur, budaya juara.

“Akademik, jadi memiliki kultur akademik yang bagus, karena kami ini SMA maka targetnya harus melanjutkan ke perguruan tinggi. Makannya anak-anak kami harus memiliki nilai akademik yang bagus, jadi penguasaan keilmuan tidak bisa dihindari, kultur akademik harus nampak di sekolah ini,” ungkapnya.

Terampil, lanjut dia, anak-anak di sekolah kami harus terampil, harus sigap, memiliki kecakapan hidup agar mereka memiliki kecakapan hidup untuk mengarungi hidupnya dikemudian hari.

“Kemudian selain itu ada empat kebijakan yang menaungi sekolah ini, agar warga sekolah memiliki pegangan, sekolah ini nilai-nilai dasarnya apa? Otomatis kan yang menjadi pegangannya itu visi-misi sekolah, cuma visi misi sangat ideal di atas,” katanya.

Selain itu, SMAN 1 Sukabumi memiliki empat program prioritas, pertama sebagai sekolah ramah anak (SRA), sekolah bebas narkoba (Bersinar). Sebagai sekolah gerakan penguatan literasi sekolah, dan yang ke empat adalah sekolah Adiwiyata Nasional.

“Tujuannya ingin mengembangkan minat dan bakat anak sesuai dengan potensinya secara maksimal. Jadi tugas kami ini memfasilitasi, mendorong dan mengembangkan minat dan bakat siswa agar berkembang secara optimal. Sasaran akhirnya sebanyak mungkin lulusan dari SMAN 2 Sukabumi bisa melanjutkan ke perguruan tinggi,” pungkasnya (job3/sri).