Hari Ini, KPU Tetapkan Caleg Terpilih

CIANJUR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Cianjur bakal melakukan penetapan anggota DPRD Kabupaten Cianjur terpilih untuk periode 2019-2024 di ruang pertemuan Hotel Bydiel, Rabu (3/7).

Ketua KPU Kabupaten Cianjur, Hilman Wahyudi, mengatakan, proses penetapan anggota legislatif terpilih lebih cepat lantaran tidak ada gugatan yang diajukan untuk pemilihan DPRD tingkat daerah.

“Sama halnya dengan DPRD provinsi pun tidak ada gugatan untuk Dapil Cianjur, tapi itu kewenangannya KPU provinsi sehingga kami tidak bisa memastikan kapan akan dilakukan penetapan. Sedangkan untuk DPR RI ada satu gugatan,” kata dia kepada Cianjur Ekspres, saat dihubungi melalui telepon seluler, kemarin (2/7).

Menurutnya, dalam kegiatan penetapan tersebut, para anggota legislatif terpilih tidak akan diundang seluruhnya. Rencananya hanya para pimpinan dan pengurus partai politik di tingkat kabupaten yang akan diundang.

“Pesertanya hanya pengurus pimpinan dan pengurus parpol. Tapi ada beberapa pihak terkait yang juga kami undang,” kata dia.

Ketua DPC PKB Kabupaten Cianjur, Lepi Ali Firmansyah, mengatakan, dalam Pileg 2019 ini raihan kursi PKB memang naik, tidak hanya untuk nasional tapi juga di Kabupaten Cianjur, dimana yang semula hanya empat kursi menjadi lima kursi.

Hal itu bisa tercapai lantaran ini bekerja dengan baik, solid, dan mampu menampilkan sebagai partai islam rahmatan lil alamin di bawah komando Ketua Umum DPP Muhaimin Iskandar.

“Ini juga didasari dengan dukungan para kyai, santri, dan pesantren. Pemilih tradisonal yang semakin setia yaitu dari kalangan nahdliyin. Ditambah kinerja para caleg yang bekerja dengan sungguh-sungguh dan tanpa mengenal lelah,” ucapnya.

Menurutnya, untuk penetapan ini pihaknya tidak melakukan persiapan. Namun dia berharap semuanya berjalan lancar hingga masa pelantikan. “Semoga lancar segala sesuatunya tanpa kendala,” kata dia.

Seperti yang diketahui, dalam Pileg 2019, Partai Gerindra menjadi parpol yang meraih kursi paling banyak, yakni sampai 11 kursi DPRD Cianjur. (bay/sri)