Pelamar ke PT Pou Yuen Indonesia Paling Banyak

Heri Suparjo: Ada 30 Perusahaan dan 3.499 Serapan Tenaga Kerja

0 49

CIANJUR – Ribuan pencari kerja padati stan PT Pou Yuen Indonesia di Cianjur Job Fair yang digelar di Taman Prawatasari pada 25-26 Juni 2019. Padahal, tenaga kerja yang diserap mega industri tersebut hanya sekitar 1.000 orang.

HRD PT Pou Yuen Indonesia, Among, mengatakan, minat pencari kerja untuk melamar ke PT PYI memang tinggi, bahkan antrean panjang sudah terjadi sejak pagi hingga siang di hari pertama job fair.

“Diperkirakan di hari pertama ada sekitar 5.000 lamaran yang masuk,” ujar dia saat ditemui di Job Fair.

Menurutnya, di hari kedua juga terjadi kepadatan antrean pencari kerja di stan PT PYI. Dia pun memperkirakan di hari kedua juga ada ribuan pencari kerja yang memasukan lamarannya ke PYI. “Jumlahnya lebih kurang sama, tapi masih direkap dan dihitung. Untuk pastinya besok (hari ini, red),” kata dia.

Dia mengungkapkan, jumlah lamaran yang masuk memang lebih dari 900 persen dibandingkan kuota penerimaan, pasalnya kuota yang tersedia hanya untuk 1.000 pegawai. Tetapi nantinya akan diseleksi dan dilihat administrasinya. Kemungkinan yang lulus dari administrasi hanya 50 persennya.

“Setelah itu ada lagi tes tahapan selanjutnya, hingga nantinya tes wawancara. Biasanya tahapan tes berikutnya tidak lama setelah penerimaan lamaran,” kata dia.

Among menegaskan, PT PYI tidak membuka rekrutmen pegawai di luar job fair. Di samping menjalin hubungan baik dengan pemerintah daerah, hal itu dilakukan untuk mencegah adanya oknum yang mengatasnamakan perusahaan untuk kepentingan pribadi.

“Kami juga tegaskan kalau penerimaan tenaga kerja tanpa biaya apapun,” tegasnya.

Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Cianjur, Heri Suparjo, mengatakan, dalam kegiatan job fair tersebut ada sekitar 3.499 serapan tenaga kerja dari 30 perusahaan.

Menurutnya, perusahaan yang menerima lowongan cukup banyak ialah PT Pou Yuen Indonesia, dengan serapan tenaga kerja mencapai 1.000 orang. Perusahaan itupun kerap menjadi pilihan utama bagi pada pencari kerja.

“Tapi kami berharap tidak hanya menumpuk di PYI, sebab ada perusahaan lain yang juga menerima pegawai,” kata dia.(bay/sri)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.