One RT One Produk Bakal Ada di Festival Budaya Cijagang

CIANJUR – Desa Cijagang, Kecamatan Cikalongkulon, Kabupaten Cianjur segera menggelar festival kebudayaan. Festival tersebut sedianya akan dilaksanakan pada Juli 2019 mendatang. Produk rumahan akan lebih ditonjolkan dalam festival kali ini.

“Kita akan tonjolkan produk-produk unggulan rumahan di masing-masing RT,” kata Kepala Desa Cijagang, Kecamatan Cikalongkulon, Asep Zulkarnaen Kartaatmaja, Rabu (19/6).

“Kurang lebih sama seperti tahun sebelumnya 2018, dengan modal silaturohim kita menghubungi beberapa tokoh budayawan, seniman dan sejarawan,” lanjut kades yang akrab disapa Zuna.

Zuna mengatakan, di festival Cikundul nantinya akan mengedapankan atau menonjolkan prodak lokalan seperti hasil karya rumaha dari masing-masing ke RTan.

“Jadi, kalau Bupati sebelumnya mengeluarkan prodak semacam one vilage one produk, akan tetapi kami di festival Cikundul ini akan mengeluarkan one RT one produk,” katanya

Dikatakan Zuna, begitu pula dengan seni dan budayanya. Pihaknya juga akan melibatkan budayawan dan seniman dari Bogor, dan juga cendikia nusantara, dan baranusa.

“Alhamdulillah, berkat silaturahim tadi, banyak yang datang mengikuti festival Cikundul ini. Baik itu dari ujung kulon bahkan dari mana-mana datang untuk menyemarakkan festival ini,” terangnya.

Menurutnya, memang ada perbedaan di festival tahun ini dengan tahun sebelumnya. Jika tahun sebelumnya festival digelar selama 42 hari 42 malam. Akan tetapi di festival yang akan dilakukan saat ini karena keterbatasan tenaga dan anggaran maka akan dimulai dari tanggal 8 Juli hingga tanggal 21 Juli.

“Tahun ini acara akan digelar selama kurang lebih 2 minggu saja, beda dengan tahun sebelumnya festival digelar selama 42 hari 42 malam. Kalau saat ini selain keterbatasan tenaga juga terbentur dengan anggaran,” katanya.(yis/sri)