Tarik Minat Siswa, MAN 1 Kota Sukabumi Siapkan Tiga Program Unggulan

SUKABUMI – Di tahun ajaran 2009/2020, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 kota Sukabumi berencana mengadakan tiga sistem perogram wirausaha untuk para siswa. Ke tiga program tersebut diantaranya tata boga, otomotif, dan tanaman hidroponik.

Kepala MAN 1 Kota Sukabumi, Yepi Prezi Agus Gunafi, menjelaskan, program keterampilan dan kewirausahaan tahun ajaran 2019/2020 akan membantu siswa dalam hal keterampilan berwira usaha. Serta secara otomatis siswa akan lebih berkembang.

“Jika programnya sudah berjalan, misal di program tata boga seperti membuat kue, akan profesional dalam pembuatan kue dan makanan tradisional lainnya. Karena memang sudah diajarkan,” kata dia kepada Sukabumi Ekspres, Senin (17/6).

Yepi melanjtukan, yang ke dua yakni program otomotif dan sebanyak 90 persen siswa di MAN 1 Kota Sukabumi memiliki dan menggunakna sepeda motor. Artinya pihak sekolah akan memberikan keterampilan kepada para siswa di bidang otomotif.

“Di otomotif ini kan nantinya para siswa bakalan ada bentuk wirausahannya, misalnya salah satu contoh dari otomotif para siswa bisa menyediakan berbagai aksesoris yang ringan. Untuk selanjutnya dijual kepada kawan-kawannya,” ungkap Yepi.

Program selanjutnya yakni tanaman hidroponik, para siswa yang senang dengan pertanian akan diarahkan dan akan dilatih oleh guru yang memang mahir di bidangnya. Ke tiga program tersebut akan diadakan bertujuan agar para siswa mempunyai jiwa kewirausahaan, meningkatkan potensi anak dan diharapkan ketika lulus sekolah para siswa bisa membuka usaha sendiri dengan potensi dan ilmu yang telah dimiliki dari sekolah.

“Nanti untuk guru di setiap bidangnya bakalan ada. Dengan program ini kami harapkan bisa bermanfaat bagi para siswa. Mereka bisa berwirausaha sendiri, mempunyai penghasilan sendiri dan bisa melanjutkan kuliah dengan hasil mereka sendiri,” pungkasnya (job3/sri).