Pemkab Cianjur Desak Pemerintah Pusat Realisasikan Jalan Puncak II

Solusi Atasi Kemacetan di Jalur Puncak

CIANJUR – Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman mendesak Pemerintah Pusat untuk segera merealisasikan rencana pembangunan jalur alternatif Puncak II. Hal itu untuk mengantisipasi kemacetan di Jalur Puncak setiap momen libur panjang ataupun Hari Raya.

Menurutnya, desakan agar Jalur Puncak dua segera dibangun sudah dilakukan pemkab sejak lama, namun hingga saat ini masih belum jelas. Sedangkan daerah dinilai belum mampu untuk membangun sendiri jalur yang panjang tersebut.

“Tentu kami akan mendorong agar disegerakan, karena ini kebutuhan masyarakat,” kata dia kepada Cianjur Ekspres saat ditemui di Gedung DPRD Kabupaten Cianjur, Rabu (12/6).

Menurutnya, keberadaan jalur alternatif dapat memecah kepadatan kendaraan saat momentum libur dan Hari Raya. Pasalnya dengan hanya mengandalkan satu jalur, maka akan lebih sering terjadi kepadatan arus, sepertihalnya saat mudik dan arus balik lebaran.

Selain jalur puncak dua, Herman mengaku akan menagih janji pemerintah pusat untuk membangun jalan tol dari Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung. Keberadaan jalan bebas hambatan tersebut akan lebih mempermudah akses transportasi, terutama para wisatawan.

Rencananya, lanjut dia pembangunan jalan tol akan dilakukan di awal tahun depan. Mengingat masih perlu dilakukan pembebasan lahan yang akan dilalui oleh jalan tol tersebut.

“Kemungkinan awal tahun depan sudah mulai, Ded sudah selesai tinggal masalah pembebasan lahan,” pungkasnya.(bay/red)