Disdikbud Gelar Halal Bihalal

CIANJUR – Pejabat dilingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Cianjur melaksanakan acara Halal Bihalal yang dilakukan di lapangan apel Disdikbud Kabupaten Cianjur, Senin (10/6). Acara tersebut dilaksanakan bertujuan untuk lebih mempererat tali silaturahmi antara para pejabat Disdikbud.

Kepala Seksi (Kasi) Kesiswaan bidang SMP Disdikbud Kabupaten Cianjur, Tatang Supriatna mengatakan, rangkaian dalam acara Halal Bihalal tersebut diawali dengan apel pagi, kultum, bersalam-salaman, dan diakhiri dengan makan bersama.

“Halal bihalal hendaknya diambil hikmah dari perjalanan yang telah lewat untuk menuju hari-hari berikutnya agar lebih baik lagi,” kata dia kepada Cianjur Ekspres.

Menurut Tatang, ada beberapa hikmah pelajaran yang dapat diambil dari kegiatan halal bihalal yaitu sebagai pembersih dari segala kesalahan.

Tradisi halal bihalal biasanya dihadiri oleh banyak orang yang jarang bertemu dan saling tegur sapa. Mereka bersalaman dan dengan ikhlas untuk saling memaafkan satu sama lain hingga hal ini dapat membersikan segala kesalahan diantara mereka.

“Selanjutnya membersihkan hati dari rasa benci kepada sesama.
Maka dengan halal bihalal ini adalah kesempatan untuk saling maaf memaafkan, hingga tidak ada lagi rasa sakit hati apalagi dendam diantara mereka,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Tatang, juga untuk memupuk rasa kepedulian dan kebersamaan terjalinnya silaturahmi dengan halal bihalal. Karena manusia sebagai mahluk sosial yang tidak lepas dari pergaulan dan kebersamaan, sehingga menciptakan suatu hubungan yang harmonis dengan cara saling memaafkan hingga terbinalah kebersemaan diantara mereka.

“Saya harap hendaknya bisa tercipta suatu hubungan yang kebih harmonis dengan cara saling memaafkan ini terbina kebersamaan diantara kita. Otomatis dengan adanya ini menciptakan situasi dan kondisi baru, dalam upaya peningkatan kinerja yang lebih baik. Sehingga hikmah halal bihalal terbentuk pada masing-masing pribadi saling asah, asih dan asuh,” pungkasnya (job3/sri).