Ditinggal Mudik, Rumah Bedeng Ludes Terbakar

CIANJUR – Satu unit rumah bedeng milik H Ilham di Kampung GBO RT 04/13 Desa Cipanas, ludes terbakar. Kebakaran tersebut diduga karena konsleting dari lampu didalam rumah yang ditinggal mudik oleh penghuninya. Kebakaran terjadi sekitar pukul 12.10 Wib, Minggu (9/6).
Robi warga sekitar mengatakan, sebelum terjadi kebakaran dirinya bersama ke tiga warga lainnya tengah bekerja meratakan tanah dengan jarak hanya terhalang satu rumah dari lokasi kejadian. Pada pukul 12.00 Wib dirinya pulang istirahat kerumahnya bahkan berhadap – hadapan belum ada kelihatan riak asap dari rumah yang ditinggal mudik oleh penghuninya itu.
“Tadi sekitaran pukul 12.00 Wib, belum kelihatan ada riak kepulan asap. Tapi tiba – tiba api langsung membesar saja,” katanya kepada Cianjur Ekspres.
Robi mengatakan, api mulai kelihatan sekitaran pukul 12.10 Wib. Sontak saja kami bersama warga lainnya langsung berupaya memadamkan kobaran api rumah yang terbuat dari kayu tersebut.
“Api berhasil kita padamkan bersama warga lainnya, akan tetapi barang seisi rumahnya tak ada yang bisa diselamatkan. Karena api sudah sangat besar dan begitu cepat melalap seisi rumah tersebut,” katanya.
Menurutnya, selang beberapa lama kemudian petugas pemadam kebakaran datang untuk menuntaskan sisa – sisa api yang masih tampak menyala.
“Tadi ada datang petugas pemadam kebakaran, akan tetapi apinya sudah mulai padam,” ujarnya.
Komandan Regu Pemadam Kebakaran Kecamatan Cipanas Asep SM mengaku beruntung tiba dilokasi kejadian api sudah berhasil dipadamkan oleh warga sekitar.
“Rumah berukuran 4×5 meter itu memang terbuat dari bahan kayu semua sehingga tak tertolong, ditambah dengan kondisi angin yang cukup besar. Pas kita tiba dilokasi, kondisi rumah tersebut ludes terbakar dan dengan kondisi api yang sudah padam,” tandasnya.(yis/sri).