Libur Lebaran, Gunung Padang Dikunjungi Ribuan Wisatawan

0 50

CIANJUR – Tingkat kunjungan wisatawan ke Cagar Budaya Nasional Gunung Padang naik hingga ribuan orang, di hari pertama setelah Idulfitri 1440 Hijriah. Diperkirakan lonjakan pengunjung tersebut bakal terjadi hingga tujuh hari setelah lebaran.

Koordinator Juru Pelihara Gunung Padang, Nanang Sukamana, mengatakan, peningkatan jumlah wisatawan sudah terjadi sejak hari raya, tetapi sebatas warga lokal.

Namun untuk hari pertama pasca hari raya, tercatat pengunjung lebih dari 2.000 orang. Wisatawan tersebut tidak hanya dari Cianjur, namun juga berasal dari Bogor, Sukabumi, dan daerah lainnya di Jawa Barat.

“Kalau hari biasanya pengunjung hanya 150-200 orang, sedangkan akhir pekan bisa sampai 700 orang. Namun untuk hari ini peningkatannya cukup signifikan, sampai ribuan orang,” ujar Nanang, Kamis (6/6).

Menurutnya, peningkatan tersebut biasanya terjadi hingga tujuh hari setelah lebaran. Bahkan wisatawan dari luar provinsi hingga mancanegara pun bakal berdatangan ke situs megalitikum tersebut.

Dia menambahkan, jumlah petugas yang bersiaga di pintu masuk hingga di teras utama Gunung Padang pun ditambah, untuk memastikan pengunjung tetap kondusif dan tidak merusak Cagar Budaya Nasional itu.

“Petugas yang bersiaga sampai 30 orang, sebanyak 20 orang itu bertugas di tangga naik dan teras situs. Biasanya hanya ada 14 orang yang bertugas. Disiagakannya seluruh petugas tersebut sampai H+7, yakni sampai lonjakan pengunjung di libur panjang dan momentum lebaran ini selesai,” kata dia.(bay)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.