Habis Kesabaran, Buruh Mogok Kerja

0 2.934

 

CIANJUR, cianjurekspres.net – Puluhan karyawan Hotel Surya Indah, Pacet, Cianjur, kembali melakukan mogok kerja. Hal tersebut mereka lakukan lantaran belum jelasnya status gaji yang sempat dijanjikan oleh pihak managemen. Akibat mogok kerja para karyawan, aktivitas di hotel tersebut lumpuh total sejak Selasa (5/6) lalu. Kondisi hotel yang sebelumnya terlihat ramai pengunjung kini berubah menjadi sepi.

Unang, 45, salah seorang karyawan bagian teknisi di Hotel Surya Indah menuturkan, aksi mogok kerja lanjutan ini sebagai bentuk kekecewaannya kepada pihak pemilik lantaran pihak pemilik belum menunjukan itikad baik akan melunasi gaji karyawan selama tiga bulan terakhir.

“Untuk sementara pelayanan di Hotel Surya Indah kami tutup sebelum hak-hak kami diberikan oleh pihak pemilik,” tuturnya Unang kepada Cianjur Ekspres, kemarin (7/6).

Unang mengatakan, sebelumnya pihaknya pada 5 Juni 2018 bersama 46 karyawan lainnya sempat mendatangi kantor manajemen pemilik Hotel Surya Indah yang ada di Jakarta, berdasarkan hasil musyawarah yang disaksikan langsung oleh pihak Dinas Ketenagakerjaan dan KSPI Pariwisata cabang Bogor, Jumat lalu, untuk menanyakan kejelasan hak gaji mereka selama tiga bulan kapan akan dibayarkan.

“Namun ketika sampai di kantor Jakarta pihak pemilik tidak mau menemui kami dengan alasan lagi sakit. Jadi hanya diwakilkan oleh pemiliknya bernama Rudi Budiman, dan itupun tetap tidak membuahkan hasil,” katanya.

Masih kata Unang, dipertemuan yang dimediasi langsung oleh pihak KSPI DPC Pariwisata Bogor antara pihak karyawan dan perwakilan pemilik Hotel Surya Indah, akhirnya menegaskan dengan menulis di perjanjian keputusan bersama pada 5 Juni 2018 bahwa pihak manajemen berjanji akan segera melunasi tunggakan gaji karyawan selama tiga bulan untuk beberapa hari ke depan.

“Perjanjiannya mau di bayar gaji satu bulan plus tunjangan Hari Raya (THR), namun yang dikirim kemarin cuma untuk THR saja. Kami kecewa akhirnya kami memutuskan untuk menutup dan tidak boleh beroperasi dulu hotelnya sebelum hak kami diberikan,” jelasnya.

Sementara Ketua pengurus unit kerja (PUK) Hotel Surya Indah Ruhiyat Sutisna mengatakan, bukan hal yang baru lagi penomena terlambatnya gaji karyawan di lingkungan manajemen Hotel Surya Indah. tercatat sudah dua tahun ini keterlambatan gaji selalu terjadi.

“Mungkin ini momennya karyawan memang benar-benar membutuhkan uang tersebut untuk keperluan sehari-hari dan apalagi sekarang momennya Hari Raya, jadi kesabaran kasabaran karyawàn memang sudah benar benar habis,” ujarnya. (mg2/red)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.