Alun-alun Cianjur Jadi Tempat Salat Ied

0 42

CIANJUR – Ribuan warga Cianjur mengikuti pelaksanaan salat Idulfitri di Alun-alun Cianjur, Rabu (5/6) pagi. Pelaksanaan salat Idulfitri di luar Masjid Agung Cianjur tersebut pun menjadi yang perdana di alun-alun yang belum lama ini diresmikan.

Bahkan, Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman dan Unsur Muspida Kabupaten Cianjur pun turut melaksanakan salah ied di alun-alun yang diresmikan oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman, mengatakan, biasanya pelaksanaan salat Ied memang dilaksanakan di dalam Masjid agung, mengingat kondisi alun-alun sebelumnya belum memadai untuk menampung jamaah yang mencapai ribuan.

“Dengan penataan yang sudah dilakukan, alun-alun mampu menampung ribuan orang. Sehingga pelaksanaannya dilakukan di kawasan tersebut. Ditambah anjurannya kan salat Ied itu dilakukan di lapangan terbuka,” kata dia saat ditemui usai pelaksanaan Salat Ied.

Menurutnya, Pemkab Cianjur sudah mempersiapkan kawasan alun-alun sejak beberapa hari sebelum lebaran untuk digunakan sebagai tempat salat Ied. Bahkan sehari sebelumnya, para pegawai kebersihan dan ASN membersihkan kawasan tersebut.

“Alhamdulillah pelaksanaannya khusyuk, dan banyak warga Cianjur yang mengikuti salat Ied di alun-alun ini,” kata dia.

Herman berharap, momentum Ramadan dan Idulfitri ini menjadikan warga Cianjur lebih baik dan berakhlakul karimah. Kabupaten Cianjur pun diharapkan mampu mewujudkan visi dan misinya sebagai daerah yang maju dan agamis.

“Di momentum Idulfitri ini semoga kita kembali bersih dari segala kesalahan, dan diharapkan membawa keberkahan untuk Cianjur,” kata dia.

Herman menambahkan, setelah salat Ied pun Pemkab menggelar halal bi halal dan open house di Pendopo Cianjur. “Ini terbuka untuk umum, termasuk ada makanan yang disediakan sembari kita bersilaturahmi,” kata dia.

Namun, Herman mengatakan jika di tahun ini para Kepala OPD banyak yang tidak hadir lantaran dirinya memberi izin agar para pimpinan dinas tersebut bisa mudik ke daerahnya.

“Yang memang masih tetap di Cianjur pasti datang untuk bersilaturahmi, tapi banyak juga yang mudik. Alhamdulillah mereka bahagia karena seringkali tidak mudik dan menghadiri kegitan pasca salat Ied di pendopo. Makanya untuk kali ini saya persilahkan pulang, biar saya yang tetap bertemu dan bersilaturahmi langsung dengan masyarakat,” kata dia. (bay)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.