Sanlat Bukan Hanya Terfokus Pada Latihan, Tapi Aktualisasi Ilmu

CIANJUR – Ratusan siswa kelas X dan XI di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Cianjur melaksanakan Pesantren Kilat (Sanlat) di aula MAN 1 Cianjur, Selasa (28/5). Kegiatan Sanlat tersebut dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan keimanan para siswa.

Ketua panitia Sanlat, Fahri menjelaskan, kegiatan Sanlat di MAN 1 Cianjur dilaksanakan selama tiga hari yakni dari 27 Mei sampai 29 Mei, yang diisi dengan berbagai kegiatan kegamaan.

“Berbagai kegiatan diantaranya yang di mulai dari pembacaan asmaul husna, tadrus seperti membaca Alquran bersama-sama. Shalat duha bersama-sama, dan ceramah dari siswa dan guru,” kata dia kepada Cianjur Ekspres.

Selain itu, Kepala MAN 1 Cianjur, H. Isep Samsul Alam, menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan suatu keharusan yang harus dilakukan. Latihan sanlat bukan hanya terfokus pada latihan, tetapi aktualisasi dari ilmu yang ada, dan hikmah dari bulan puasa dan itu yang harus dijabarkan.

“Ini merupakan latihan yang harus diaplikasikan dalam 11 bulan, kemudian di Ramadan ini di latih untuk bisa bangun pagi, tadarus, melakukan hal-hal yang baik. Dan itu di aktualisasikan di bulan-bulan seterusnya,” ungkapnya.

Menurut Isep, kegiatan tersebut sangat bagus dan merupakan bagian untuk mengingatkan siswa, agar antara pengetahuan yang ditimba di sekolah dapat di aplikasikan di kehidupan nyata seperti di masyarakat.

“Anak harus memberikan contoh bahwa MAN ini adalah sekolah berjasa agama, dan itu harus terdepan memberikan contoh yang baik-baik. Dan pemberian contoh harus ada pemberian masukan teori atau praktik,” ujarnya (job3/sri).