Ada SmarTren di SMKN 1 Pacet

Tingkatkan Keimanan, Ketakwaan dan Akhlak Mulia Siswa

0 87

CIANJUR – Dalam upaya meningkatkan keimanan, ketakwaan, dan akhlak mulia di kalangan siswa, SMKN 1 Pacet laksanakan kegiatan pesantren Ramadan “SmartTren Ramadan” 1440 Hijriah. Dalam kegiatan ini siswa menerima materi tentang pendidikan keagamaan.

Kepala SMKN 1 Pacet Ida Yuniati Surtika menjelaskan, kegiatan SmartTren Ramadan adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan pada bulan Ramadan, dalam rangka meningkatkan keimanan, ketakwaan, dan akhlak mulia di kalangan siswa. Harapannya bisa menumbuhkan sikap serta nilai-nilai luhur kepesantrenan di lingkungan sekolah.

“Melalui SmartTren ini dapat menambah dan memperluas wawasan pengetahuan siswa. Tentunya ini dapat meningkatkan amaliah di bulan Ramadan, sehingga dapat diterapkan pengamalan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari,” katanya.

Untuk materi keagamaan yang disampaikan kepada siswa yakni terkait akidah akhlak, Al qur’an hadits, fiqih, tarikh / sejarah islam, hingga Islam rahmatan lil’alamiin. Untuk Islam rahmatan lil’alamiin meliputi materi multikulturalisme, toleransi, pencegahan bahaya radikalisme, serta tabayyun melawan hoaks.

“Ada juga materi tambahan mengenai toleransi, dan perlunya mewaspadai berita yang sifatnya hoaks (berita bohong). Ini dinilai penting sebagai pemahaman siswa untuk lebih bijak dalam kehidupan sehari – hari,” ujarnya.

Wakil Kepala Sekolah SMKN 1 Pacet Kankan Sukanda menambahkan, materi-materi tambahan yang disampaikan kepada peserta kegiatan itu adalah untuk memberikan wawasan lebih luas. Kegiatan “SmartTren Ramadan” yang berlangsung selama beberapa hari itu diikuti oleh peserta didik kelas X dan XI yang beragama Islam.

“Kegiatan ini pun sesuai dengan visi dan misi provinsi Jawa Barat, yaitu terwujudnya Jawa Barat juara lahir batin dengan inovasi dan kolaborasi,” jelasnya.

Kegiatan itu juga diharapkan mampu menggairahkan peserta untuk membaca, memahami, dan memfungsikan nilai-nilai Alquran. “Dan kemudian mengamalkan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari,” paparnya.

Ia juga menjelaskan bahwa kegiatan itu merujuk pada Surat Edaran Dinas Pendidikan Jabar Nomor:978.3/8907-Set.Disdik, tentang pelaksanaan kegiatan penumbuhan budi pekerti melalui “SmartTren Ramadan” di SMA, SMK dan SLB (Sekolah Luar Biasa).

“Pelaksanaan SmarTren ini tentunya selaras dalam membangun kehidupan spiritualitas siswa. Tentunya ini perlu terus dijaga dan dikembangkan melalui kegiatan pembiasaan budi pekerti yang lebih menarik, aplikatif, dan efektif,” pungkasnya.(yis/sri)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.