Bulan Ramadan, Penyakit Saluran Pencernaan Meningkat

CIANJUR – Pelayanan medis selama 24 jam masih tetap buka meski bulan ramadan di Puskesmas Sukanagalih, Kecamatan Pacet. Langkah tersebut sebagai bentuk optimalisasi pelayanan terhadap masyarakat.

Kepala Puskesmas Sukanagalih Agus Suhendar menuturkan, meskipun bulan puasa pelayanan tetap 24 jam non stop. Sehingga masyarakat bisa mengakses pelayanan kesehatan dengan baik. “Meskipun bulan puasa kami tetap membuka pelayanan dengan normal,” paparnya.

Untuk jumlah pasien tidak ada penurunan. Namun saat bulan puasa kebanyakan pasien sakit grastritis dan penyakit lainnya berkaitan saluran pencernaan.

“Bulan puasa ini kebanyakan pasien mengalami penyakit pencernaan, makanya kami pun berupaya mensosialisasikan ke masyarakat pentingnya menjaga pola hidup bersih dan sehat,” ujarnya.

Dijelaskannya, saat ini untuk pelayanan pihaknya menyiagakan dua orang dokter dan dua ambulan. Jadi pelayanan pun bisa maksimal.

“Kami pun kini tengah siaga menghadapi hari Raya Idul Fitri, biasanya kami membuka pos kesehatan di Pos Pengamanan DSE Cimacan. Meskipun demikian pelayanan tetap dibuka 24 jam non stop,” tuturnya.

Dijelaskannya nanti saat arus mudik dan arus balik disiagakan petugas medis. Langkah yang diambilnya yakni semua karyawan dikenakan jadwal piket. “Kegiatan tersebut dilakukan selama 1×24 jam,” pungkasnya.(yis/sri)