Disaparpora Genjot Kunjungan Wisata Melalui TIC

CIANJUR – Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Cianjur menargetkan pembuatan Tourist Information Center (TIC) berbasis visual di kawasan Alun-alun Cianjur. Tujuannya untuk menggenjot kunjungan wisatawan ke destinasi wisata yang ada.

Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Disparpora Kabupaten Cianjur, Enung Sri Hayati, mengatakan, keberadaan TIC di lokasi strategis dinilai perlu untuk meningkatkan kunjungan wisata. Tidak hanya ke destinasi yang memang sudah ada dan terpromosikan, namun ke destinasi lain di Kabupaten Cianjur.

“Cianjur ini banyak tempat wisata, bukan hanya Cibodas atau Taman Bunga, tapi hingga Cianjur selatan pun ada air terjun, pantai, danau, dan berbagai destinasi wisata alam,” kata dia kepada Cianjur Ekspres, Rabu (22/5).

Menurutnya, kawasan alun-alun tepat untuk dijadikan lokasi TIC lantaran saat ini menjadi tujuan bagi warga dari dalam ataupun luar kota. Dengan begitu, lanjut dia, keberadaan TIC akan optimal dengan pengunjung yang juga banyak.

“Jadi nanti yang ke alun-alun bisa melihat apa saja destinasi wisata yang ada di Cianjur di samping yang sudah terkenal. Terutama bagi pengunjung dari luar kota,” kata dia.

Enung mengatakan, TIC tersebut akan dibuat secara modern dengan lebih banyak memperlihatkan visualisasi destinasi wisata, serta informasi terkait akses, tempat menginap, transportasi dan kondisi jalan hingga destinasinya.

Tetapi, tambah dia, dalam realisasinya Dispaspora masih menunggu persetujuan dari kepala daerah. Diharapkan bisa segera disetujui agar pada 2020 TIC tersebut bisa terwujud.

“Masih menunggu dari bupati, apakah disetujui atau tidak. Kalaupun disetujui kemungkinan baru 2020 realisasi. Keberadaannya diperlukan untuk mendongrak pariwisata Cianjur,” kata dia.(bay/red)