Menjelang Arus Mudik, Sejumlah Kendaraan Diperiksa Kelaikan

0 28

CIANJUR – Polres bersama Dinas Perhubungan (Dishub) dan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Cianjur melakukan pemeriksaan kelaikan kendaraan umum menghadapi musimk mudik lebaran Idul Fitri 1440 H, di Terminal Pasirhayam, Selasa (21/5) sore.

Kapolres Cianjur, AKBP Soliyah, mengatakan, pemeriksaan kelaikan kendaran perlu dilakukan untuk memastikan keselamatan penumpang yang akan mudik atau bepergian dengan kendaraan umum, mulai dari angkutan perkotaan, Pasirhayam-Cianjur selatan, bus antar kota, hingga bus antar provinsi.

“Dari hasil pemeriksaan belum ditemukan kendaraan yang tidak laik jalan, semuanya masih dalam kondisi normal. Kalau ada yang tidak laik, pasti kami akan tahan hingga dilakukan perbaikan dulu,” kata dia kepada wartawan, usai kegiatan.

Menurutnya, pemeriksaan tidak hanya dilakukan pada Selasa sore, namun juga akan dilanjukan pada Rabu (22/5) pagi. Pasalnya aktivitas angkutan umum lebih banyak pada pagi hari.

Selain kendaraan, para sopir angkutan pun dites urine untuk memastikan tidak ada yang menggunakan narkoba atau obat terlarang.

“Tidak ada yang ditemukan mengkonsumsi narkoba atau obat-obatan, tapi ada yang tensinya tinggi dikarenakan kurang istirahat. Makanya disarankan untuk istirahat dulu,” kata dia.

Dia berharap dalam pelaksanaan mudik lebaran tidak terjadi kecelakaan kendaraan akibat kendaraan yang tidak laik kendaran. Para pengusaha angkutan transportasi massal pun diharapkan rutin memeriksa kendaraan supaya tidak berpotensi kecelakaan.(bay/sri)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.