Paket Sembako Murah Mulai Disebar

Dalam Operasi Pasar yang Dilaksanakan Diskoperdagin di Haurwangi

CIANJUR – Untuk membantu kebutuhan masyarakat menjelang Idul Fitri, sebanyak 7.173 paket sembako disebar dalam operasi pasar murah (OPM) yang dilaksanakan di Kecamatan Haurwangi, Selasa (21/5).

Kepala Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian (Diskoperdagin) Kabupaten Cianjur Himam Haris mengungkapkan, adanya operasi pasar murah tersebut dapat membantu dan meringankan beban masyarakat Kabupaten Cianjur khususnya saat ini di Kecamatan Haurwangi.

“Isi paket sembako itu terdiri dari 5 kilogram beras, 3 liter minyak goreng, 3 kilogram gula pasir dan 1 kilogram daging sapi. Total harganya cuma Rp 93 ribu per paketnya,” terang Himam Haris kepada Cianjur Ekspres.

Himam Haris mengatakan, untuk tahun 2019 atau di bulan puasa 1440 H, Pemkab dalam hal ini Diskoperdagin Kabupaten Cianjur mengaku sudah menyiapkan 12 ribu paket sembako murah yang nantinya akan dilaksanakan dalam kegiatan operasi pasar murah di beberapa Kecamatan di Cianjur.

“Jadi, nanti setelah kegiatan OPM di 8 desa di Kecamatan Haurwangi, sebagian lagi akan dilaksanakan di Kecamatan Karangtengah, Cugenang dan Kecamatan Sukaresmi,” katanya.

Kegiatan OPM yang digelar ini tidak serta merta langsung ditunjuk oleh Pemkab atau Diskoperdagin. Akan tetapi berdasarkan dari pengajuan dari masing – masing desa dengan cara mengajukan proposal yang dilampiri denga KTP dan KK di setiap awal tahun.

“Jadi, setiap awal tahun atau akan memasuki bulan puasa, proposal itu harus segera dimasukkan. Karena mengingat kuota persediaan paket cukup terbatas,” katanya.

Himam berharap, OPM ini benar – benar dapat dimanfaatkan sama keluarga kurang mampu. Selain itu barang yang kita sediakan juga bisa dipakai untuk keluarga,” pungkasnya.(yis/sri)