Meraup Untung dari Berjualan Kantong Plastik

0 36

CIANJUR – Ivan (11) bocah asal Kampung Jolok Desa Sindangjaya Kecamatan Cipanas, memang patut diacungi jempol. Pasalnya, keinginannya untuk membantu orang tuanya itu memang sungguh luar biasa melalui berjualan kantong plastik merah.

Ivan merupakan salah satu siswa yang masih duduk di kelas V SD Tribakti Desa Singdangjaya. Setiap libur sekolah ia dan satu teman sekolah lainnya Dehan (10) kelas IV SD juga memiliki profesi yang sama yakni jualan kantong plastik merah ukuran besar di Pasar Cipanas.

Ivan dan Dehan biasa jualan plastik merah itu dilakukannya setiap libur sekolah. Dari hasil perbincangan antara Ivan dan Dehan saat mereka jualan di Pasar Cipanas, mengaku uang dari hasil jualan terus ia kumpulkan untuk kebutuhan sekolah dan juga kebutuhan lebaran untuk beli baju.

Ivan mengatakan, dalam satu hari jualan bisa mendapatkan uang sebesar Rp 70 hingga Rp 100 ribu. “Kalau kita jualannya dari pagi bisa dapat Rp 100 ribu. Tapi kan, kita kadang mulai jualan dari jam 11.00 hingga pasar sepi,” kataya.

Ivan mengaku, belum satu bulan dirinya bisa mengumpulkan uang dari hasil penjualan plastik merah itu sudah terkumpul Rp 700 ribu.

Senada dikatakan Dehan (10) kelas IV SD Trikarya Jolok itu mengaku, kantong plastik yang ia jual itu merupakan uang dari pemberian orang tuannya dan dibelanjakan ke toko plastik (kantong) di pasar Cipanas.

Menurutnya, uang Rp 5 ribu bisa mendapatkan 20 lembar kantong merah. Dan seterusnya ia jajakan kembali kepara pengunjung yang belanja ke Pasar Cipanas dengan harga Rp 1.000,- per lembarnya.

“Kami belinya Rp 500,- per lembar kantong merah tersebut. Dan kita jual Rp 1.000,- per lembarnya,” terang Dehan.

Dehan mengaku, selama bersama temannya jualan kantong merah tidak pernah dapat kendala apapun. Bahkan lanjut Dehan, para pembeli kantongnya itu rata – rata memberikannya uang Rp 2000 per lembarnya.

“Kalau ada yang baik hati, terkadang saya dikasihnya Rp 5.000,- per lembar kantong merah itu, yang pasti uang hasil dari jualan ini nantinya dapat membantu beban orang tua seperti kebutuhan sekolah dan sebentar lagi mau lebaran,” tandasnya.(yis/sri)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.