Manfaatkan Dana CSR untuk Hortikultura

Kerjasama dengan IPB dan Astra Majukan Kawasan Penghasil Sayuran

0 77

CIANJUR – Tim zona khusus Cipanas Dr Cecep Muhamad Wahyudin, yang juga sebagai pengusaha sukses asal Cipanas itu bertekad ingin memajukan wilayahnya khusususnya dibidang Hortikultura. Hal tersebut ia buktikan dengan menggaet dari Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Perusahaan dari Astra untuk menggelontorkan dana Corporate Social Responsibility (CSR).

“Karena ini adalah merupakan program dari Zona khusus Cipanas, maka pertanian ini salah satu tanggungjawab dari Zona khusus,” terang Direktur PT Trimitra Dr Cecep Muhamad Wahyudin, kepada Cianjur Ekspres, belum lama ini.

Dr Cecep mengatakan, membawa tim IPB dan Astra oleh tim Zona khusus ke Cipanas yang memang saat ini permasalahan pertanian di Cianjur khusususnya di Cipanas menjadi pemikiran bersama.

“Cipanas ini merupakan penghasil sayuran yang memiliki kualitas bagus, akan tetapi kelihatan tidak begitu terkenal. Padah kalau dilihat dari teritorial cukup strategis dan tak jauh dengan kota besar,” katanya.

Selain itu lanjut Cecep, sebelumnya truk – truk muatan sayur setiap harinya banyak lewat. Akan tetapi sekarang ini sangat jarang, dan justru Cipanas ini kalah dengan penghasil sayuran seperti Ciwidey, Pangalengan, Garut dan Lembang.

“Kita ini di Cipanas harus akui itu, dan kita ini kalah dari segi panghasil sayur yang dulu bagus akan tetapi sekarang ini seperti jatuh,” ujarnya.

Menurutnya, saat ini saja jarang sekali kelihatan warga sekitaran di Cipanas yang jualan sayuran di pinggir – pinggir Jalan padahal itu merupakan sebuah ikon Cipanas sebagai penghasil sayuran.

“Cipanas ini paling dekat jaraknya dengan kota besar, tapi perlu diakui semua itu sudah tidak ada lagi. Apalagi disekitaran pinggiran Jalan tak kelihatan yang jualan Sayuran yang memang khas Cipanas,” katanya.

Dikatakan Cecep, ke depan para petani akan dirubah budaya atau kebiasaan yang dilakukan para petani. Melalui dana CSR nantinya para petani tak hanya diberikan modal usaha lalu ditinggalkan begitu saja oleh pemberi manfaat tersebut.

“CSR tersebut nantinya akan disalurkan melalui Bumdes – Bumdes disetiap Desa masing – masing khsususnya di Cipanas,” ujarnya.

Sementara itu Kasubdit Direktorat Kemahasiswaan IPB Handrian Purawangsana mengatakan, ada sejumlah anggaran yang akan diturunkan dari CSR untuk keperluan pengembangan Hortikultura di wilayah Cipanas. Namun pihaknya sudah menginpentarisir keperluan apa saja yang dibutuhkan nantinya.

“Tentu saja nanti yang menentukan itu adalah PT Astra berapa dan daerah mana saja yang akan dibangun, namun yang pasti Cipanas ini cukup terkenal dengan prodak Hortikulturanya,” pungkasnya.(yis/sri)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.