Antisipasi Dampak One Way Jalan Tol, Cianjur Prioritaskan Jalur Alternatif

Polres dan Dishub Gelar Rekayasa Lalin untuk Arus Mudik

0 108

CIANJUR – Polres dan Dinas Perhubungan Kabupaten Cianjur terus melakukan persiapan menghadapi musim mudik Idul Fitri 1440 H. Terlebih dengan diberlakukannya one way di sejumlah ruas tol, akan ada peningkatan volume kendaraaan di jalur lainnya, termasuk Cianjur.

Kapolres Cianjur, AKBP Soliyah, mengatakan, pihaknya terus berkoordinasi dengan Dishub dalam penentuan dan persiapan jalur alternatif, jika nanti terjadi kepadatan arus lalu lintas. Salah satunya ialah dari Sukaluyu menuju Pusat kota Cianjur melalui Selajambe.

“Untuk jalur tersebut bisa digunakan, tapi hanya untuk kendaraan kecil terutama kendaraan pribadi. Sedangkan kendaraan besar tetap menggunakan jalur utama,” kata dia.

Menurutnya, pada jalur alternatif tersebut masih ditemukan berbagai kekurangan, mulai dari marka jalan, rambu lalu lintas, hingga penerangan. “Masih minum rambu yang paling utama, rencananya akan segera dipasang supaya ketika ada pengalihan jalur tidak ada pemudik yang tersesat,” kata dia.

Soliyah mengungkapkan, saat musim mudik, titik kemacetan yang harus diantisipasi ialahan di perempatan Ciranjang. Pasalnya di titik tersebut dekat dekat kawasan pasar, sehingga aktivitas laju kendaraan akan sering terhambat.

Kondisi itu diperparah dengan tidak adanya jalur alternatif, sehingga kepolisian rencananya akan memberlakukan sistem satu arah. “Nanti ada petugas dan tim pengurai juga sudaha bisa meminimalisir kemacetan akibat kepadatan volume kendaraan,” ucapnya.

Dia menambahkan, polres juga sudah menyiapkan 12 pos pengamanan, satu pos terpadu, dan enam pos pelayanan khusus untuk wisatawan yang hendak berlibur ke Cianjur pasca Idul Fitri.

Soliyah mengimbau bagi para pengendara agar selalu tetap waspada. Karena Cianjur ini memiliki tanah yang labil atau rawan longsor, seperti di Cipanas (Puncak) dan di wilayah Cianjur Selatan. Meskipun jalur selatan bukan sasaran jalur para pemudik, namun pihaknya tetap akan menempatkan alat-alat berat yang memang sebelumnya sudah berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Cianjur.

“Sebelumnya nanti kami akan dibahas dalam rapat lintas sektoral. Yang mana nantinya dalam setiap sektoral harus siap memberikan pemaparan tentang kesiapan Jalur dan pengamanan lebaran,” kata dia.

Dia mengatakan, di H-7 Lebaran dipastikan kendaraan akan terlihat banyak yang masuk ke wilayah Cianjur dengan berbagai akses dimulai dari Jalur Sukabumi, Cipanas, dan Jonggol dan sudah mulai padat. “Selain untuk merekayasa lalulintas, kita juga akan mengerahkan petugas untuk mengatur dan mengamankan Jalur diberbagai titik disetiap persimpangan,” tandasnya.

Di sisi lain, Kepala Seksi Manajemen dan Rekayasa Lalulintas Dishub Kabupaten Cianjur, Muhammad Iqbal Safaruddin, mengatakan, persiapan mudik lebaran sudah dibahas dalam rapat di Bandung yang dipimpin langsung oleh Kementerian Perhubungan. Di antaranya ialah fokus arus mudik meunuju ke daerah Jawa Tengah, Jawa Timur dan sekitarnya, serta antisipasi pemberlakuan oneway jalan tol bagi jalur-jalur mudik lainnya.

“Jadi baru sebatas rapat fokus antisipasi menjelang musim mudik lebaran, terlebih dengan adanya pemberlakuan satu jalur di Tol dari Jakarta ke Jawa. Hal itu pastinya akan ada dampak, termasuk untuk Cianjur,” kata dia.

Menurutnya, Cianjur hanya menyiapkan jalur alternatif untuk mengantisipasi jika terjadi oneway, lantaran kendaraan dari Bandung menuju Jakarta dipastikan melintas ke Cianjur. “Semoga rekayasa lalu lintas yang sudah disiapkan dapat meminimalisir kemacetan,” kata dia.

Selain itu, lanjut dia, Dishub Kabupaten Cianjur bakal menyiapkan dan segera memasang kelengkapan jalan, lampu penunjuk jalan, rambu penunjuk arah, penengah jalan dan lainnya. Namun pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Dishub provinsi dan kementererian untuk ruas jalan yang memang di luar kewenangan daerah.

“Penerangan jalan juga dicek, yang lampu peneranganannya mati segera dipebaiki untuk mecegah kecelakaan di malam hari,” kata dia.(bay/yis/red)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.