Selama Ramadan, Pemohon AK 1 Turun Drastis

0 65

CIANJUR – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Cianjur mencatat tingkat pencari kerja memasuki bulan ramadan menurun hingga 80 persen.

Kepala Bidang (Kabid) Penempatan Kerja dan Perluasana Kesempatan Kerja Disnakertrans Cianjur, Ricky Abdi Hikmat, mengatakan, semenjak masuki ramadan, tingkat pencari kerja atau pembuat surat Angkatan Kerja (AK)/1 ke Disnakertrans mengalami penurunan.

“Tingkat pencari kerja yang datang ke Disnakertrans pada hari-hari biasa, dapat mencapai hingga seratusan orang, namun kini di awal bulan ramadan jumlahnya menurun hingga 20 orang setiap harinya,” kata dia.

Menurutnya penurunan pencari kerja disebabkan karena oleh beberapa faktor seperti siswa yang baru lulus belum menerima ijazah dari sekolah, dan para pencari kerja tersebut lebih memilih mecari kerja setelah lebaran.

“Diperkirakan tingkat pencari akan mulai meningkat pada pertengan Juni, sebab siswa yang baru lulus sekolah Juni baru mendapatkan Ijazah dari sekolahnya,” ucap dia

Untuk mengantisipasi lonjakan terhadap tingkat pencari kerja, pihaknya tengah merencanakan mengadakan jobfair pada Juni mendatang.

“Terkait rencana itu, kami sudah menurunkan petugas Disnakertrans untuk mencari atau menjaring lowongan kerja dan kesempatan penempatan kerja bagi para pencari kerja,” kata dia.

Dia menambahkan, sejak dari tahun 2017 tingkat pencari kerja di Cianjur mengalami penurunan, 2017 tercatat sebanyak 32 ribu pencari kerja, sedangkan pada 2018 menjadi sebanyak 30 ribu.

“Jika pencari kerja dalam setiap tahunnya mengalami penurunan, artinya tingkat pengangguran menurun, tak hanya itu tingkat siswa yang melanjutkan ke perkuliahan semakin banyak,” tuturnya.(bay/sri)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.