Kecamatan Sukaresmi Kirim Desa Cikancana untuk Lomba Desa

Dalam Waktu Bersamaan Ikut Lomba Sadar Hukum di Provinsi

0 56

CIANJUR – Pemerintah Desa Cikancana, Kecamatan Sukaresmi menjadi salah satu desa berprestasi di tingkat kecamatan maupun kabupaten. Dalam waktu bersamaan desa tersebut mengikuti tiga lomba sekaligus baik di tingkat kabupaten maupun provinsi.

Kepala Desa Cikancana, Kecamatan Sukaresmi Iyus Rustam Fredi menjelaskan, meskipun desanya berada jauh dari pusat kota Kabupaten Cianjur, namun ini tidak menyurutkannya untuk tetap membangun desa yang maju dan berprestasi. Pastinya ini didukung penuh peran serta lembaga desa, tokoh masyarakat, dan masyarakat.

“Alhamdulillah desa kami dipercaya mewakili Kecamatan Sukaresmi ikuti lomba desa. Dari 32 kecamatan, kami masuk ke sembilan besar tingkat Kabupaten Cianjur,” paparnya.

Untuk tim penilai sendiri dari lintas OPD di lingkungan Kabupaten Cianjur. Sedangkan aspek penilaian meliputi bidang administrasi, kelembagaan, dan berbagai aspek lainnya.

“Kini dukungan berbagai pihak aplikasi pelayanan masyarakat sangat maju dan berkembang tinggal ke tahap mandiri. Sedangkan bidang ekonomi masyarakat, serta pembangunan terus berkembang dengan pesat,” terangnya.

Saat ini Desa Cikancana terbagi ke dalam 10 RW dan 40 RT dengan jumlah penduduk sekitar 7.000. Untuk mata pencaharian warga Cikancana lebih mengandalkan sektor pertanian seperti padi dan palawija.

“Tentunya dengan adanya dukungan penuh masyarakat dan penguatan sektor perekonomian Desa Cikancana lebih maju dan prestasi,” ujarnya.

Selain lomba desa, Cikancana pun di waktu yang bersamaan mengikuti lomba sadar hukum tingkat Provinsi Jawa Barat mewakili Kabupaten Cianjur. Lomba sendiri dinilai oleh Pemprov Jawa Barat, dengan syarat utama warga sudah membayar pajak dengan PBB sampai 80 persen.

“Warga kami ini sangat taat pajak setiap tahunnya, Alhamdulillah sesuai target. Kami optimis desa kami bisa menjadi yang terbaik di Provinsi Jawa Barat hingga nasional,” tuturnya.

Tak hanya itu, Desa Cikancana pun kini tengah mengikuti lomba Kampung Bersemi tingkat Kabupaten Cianjur. Pihaknya ditunjuk mewakili Kecamatan Sukaresmi mengikuti lomba Kampung Bersemi.

“Alhamdulillah desa kami dalam waktu yang bersamaan mengikuti tiga lomba. Diharapkan ini bisa memotivasi desa kami untuk lebih maju, dan sejahtera,” tukasnya. (yis/sri)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.