SMKN 1 Cilaku Miliki LSP dari BNSP

Tujuannya Membekali Siswa Agar Kompeten di Bidangnya

0 50

CIANJUR – SMKN 1 Cilaku, Cianjur telah melaksanakan uji kompetensi Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) skema Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) II teknik kendaraan ringan (TKR), pada Senin, 6 Mei dan Selasa 7 Mei 2019, di ruangan bengkel TKR.

SMKN 1 Cilaku, Cianjur juga menjadi satu-satunya sekolah kejuruan pertama di Cianjur yang telah memiliki LSP dari Badan Nasional Sertifikasi dan Profesi (BNSP). Sehingga memantapkan bahwa lulusan sekolah tersebut menjadi siap pakai didunia kerja.

Kepala Bengkel Jurusan TKR SMKN 1 Cilaku, Eka Asyarullah Saefudin, mengatakan, tahun sekarang adalah tahun pertama SMKN 1 Cilaku mendapatkan LSP dari BNSP. Sehingga menjadikan satu-satunya sekolah SMK Negeri di Cianjur yang telah dilaksanakan oleh LSP yang berada di bawah naungan BNSP.

“Di SMK Negeri 1 Cilaku, Cianjur ini ada lima jurusan, yang sudah dilakasanakan dua paket, satu paket 20 siswa, dan totalnya ada 80 siswa artinya ada 4 paket. Tapi baru dilaksankan 2 paket,” kata dia kepada Cianjur Ekspres, Kamis (9/5).

Eka melanjutkan, tujuannya untuk membekali siswa yang dinyatakan kompeten untuk mendapatkan lambang garuda. Jadi siswa keluar mempunyai lambang garuda maka akan diakui bahwa siswa tersebut sangat berkompeten dibidangnya, karena memang syarat untuk mendapatkan lambang Garuda tersebut, siswa harus berkompeten. Setelah dinyatakan kompeten oleh lembaga, siswa akan mendapatkan sertifikat tersebut.

“Ada beberapa tahapan, diantaranya siswa daftar, free asesmen, informasi pengujian dan LSP istilahnya independen. Managemennya bukan dari sekolah, tapi sekolah harus punya itu,” ungkpanya.

Harapannya setalah siswa melaksanakan uji komoetenis LSP bisa dinyatakan kompeten dalam teknis kendaraan ringan, dan memiliki sertifikat yang nasional dan berlaku internasional. Sebagai bekal mereka bekerja,” pungkasnya (job3/sri).

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.