Tapak Elang Membuka Kesempatan Belajar

0 102

CIANJUR – Perguruan Pencak Silat Tapak Elang Cabang Takokak, yang berlokasi di Kampung Sukanagri, Desa Waringinsari, Kecamatan Takokak masih memberikan kesempatan bagi yang ingin bergabung dan mengembangkan minat dan bakat di Seni Bela Diri Pencak Silat.

Saat ini, para siswa Seni Bela Diri Pencak Silat Tapak Elang tersebut berjumlah lebih kurang 30 siswa yang berasal dari kalangan pelajar dan umum.

Wakil Ketua sekaligus pelatih Seni Bela Diri Pencak Silat Tapak Elang Cabang Takokak, Samsu Kamaludin mengatakan, Pencak Silat Tapang Elang Cabang Takokak memang baru mempunyai angkatan pertama dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa dari berbagai kalangan pelajar dan umum.

“Untuk siswanya kebanyakan dari kalangan pelajar yang masih duduk di bangku SMP dan MTs, serta ada juga beberapa yang duduk di bangku SMA/SMK. Untuk Pencak Silat Tapak Elang ini pusatnya berada di Ciwalen Cianjur,” kata dia kepada Cianjur Ekspres.

Menurut Kamal, pelatihannya dilakukan setiap Sabtu malam, dan untuk putri setiap Jumat Sore, yang dilatih langsung oleh Ketua Pencak Silat Tapak Elang, Amri dan Kamal, serta pelatih lainnya.

“Pencak Silat adalah salah satu seni beladiri tradisional yang berasal dari Indonesia. Beladiri yang satu ini kini kian berkembang di negara tetangga hingga ke mancanegara. Seni beladiri ini memerlukan konsentarsi yang cukup tinggi,” kata dia.

Selain itu, lanjut dia, seni beladiri pencak silat juga mempunyai pengaruh dari beberapa budaya, antara lain China, Budha, Hindu dan juga Islam. Di Indonesia sendiri hampir setiap daerah mempunyai aliran silat yang berbeda-beda, misalnya saja daerah Jawa Barat. Adapun beberapa contoh aliran yang ada di Jawa Barat, antara lain aliran Syahbandar, Cimande, Cikalong, Tapak Elang dan lainnya.

“Seni beladiri Pencak silat mengajarkan para pemainnya untuk membangun serta mengembangkan kepribadian dan karakter seseorang agar menjadi lebih baik,” ungkapnya.

Menurut Kamal, untuk aspek seni dan budaya, seni beladiri pencak silat memang mempunyai peranan penting seperti permainan silat, tidak hanya didominasi oleh seni tarung saja, namun juga seni tarian, yang menggunakan musik dengan irama tertentu. (job3/sri)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.