Jalan Gelap dan Membahayakan, Pemdes Sindangjaya Inisiasi Pasang PJU Tenga Surya

0 67

CIANJUR – Kondisi jalur jalan provinsi yang menghubungkan dari Ciketug ke Gunung Batu hingga Jolok minim penerangan jalan umum (PJU). |Sehingga bagi pengendara yang melintas atau bepergian harus selalu hati-hati mengingat kondisi jalan yang gelap.

Kondisi inilah yang menginisiasi Pemerintah Desa Sindangjaya, Kecamatan Cipanas untuk turun tangan. Dengan menggunakan anggaran desa, dipasanglah 15 unit lampu PJU dengan tenaga surya.

Kepala Desa Sindangjaya, Kecamatan Cipanas Edy Efendi menjelaskan, sejak dibangun ruas jalan provinsi yang juga akses ke Kebun Raya Cibodas ini oleh pemerintahan presiden Megawati tahun 2003, hingga saat ini belum ada penerangan jalan.

Padahal lanjut Eddy, jalur menuju kawasan Agropolitan dan Kebun Raya Cibodas ini merupakan akses vital masyarakat dan para wisatawan.

“Jalur yang menghubung Desa Sindangjaya, Sukatani, hingga ke Cipanas ini memiliki jalur yang ekstrim dengan menanjak serta berkelok. Sehingga rawan kecelakaan terlebih jika malam hari gelap gulita, jadi kami inisiatif menggunakan dana desa untuk pengadaan dan pemasangan PJU tenaga surya,” terang Eddy, Kamis (9/5).

Menurutnya, ada 15 titik PJU yang disiapkan, dengan dana bersumber dari DD 2019 senilai Rp 68 juta. Diharapkan dengan adanya PJU ini masyarakat dan wisatawan bisa aman siang dan malam melintasi jalan tersebut.

“Ada ribuan masyarakat yang memanfaatkan jalur ini, diharapkan dengan adanya PJU ini bisa bermanfaat,” ujarnya.

Selain untuk PJU, DD tahap awal tahun 2019 digunakan untuk pembangunan perpustakaan desa, serta pagar pembatas lapang desa. Nantinya perpustakaan ini untuk masyarakat banyak.

“Kami anggarkan Rp 40 juta untuk pembangunan perpustakaan. Semoga dengan adanya perpustakaan ini bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan masyarakat,” pungkasnya.(yis/sri)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.