Faktor Kelelahan Menjadi Penyebab Anggota KPPS Meninggal

Dinkes Terjunkan Petugas Medis ke Lokasi Rapat Pleno Penghitungan Suara

0 73

CIANJUR – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur menilai petugas KPPS yang meninggal dunia karena kelelahan akibat stamina tubuh yang kurang dipersiapkan dan pola makan yang buruk.

Kepala Dinkes Cianjur, Tresna Gumilar, mengatakan, dalam pelaksanaan pemilu kali ini memang terlihat para petugas KPPS memiliki beban kerja yang tinggi. Sehingga perlu untuk memperhatikan stamina tubuh.

Pemeriksaan kesehatan rutin, lanjut dia, juga dirasa perlu. Oleh karena itu pihaknya sejak awal menyiapkan layanan pemeriksaan kesehatan dari tim khusus yang sudah dibentuk. “Kami juga libatkan petugas di puskesmas untuk bersiaga,” tuturnya.

Sementara Koordinator tim reaksi cepat Dinkes, Sukarma Wijaya, menilai kurang istirahat dan asupan makanan yang kurang bergizi serta kekurangan cairan menjadi faktor penyebab kelelahan hingga berakhir pada kematian.

“Rata-rata petugas yang meninggal bekerja hampir 24 jam namun tidak mendapatkan asupkan gizi dan istirahat yang cukup, jadi yang memiliki riwayat penyakit berat akan kembali kambuh karena kelelahan,” katanya.

Untuk mengatisipasi hal tersebut, pihaknya mengimbau petugas untuk memeriksakan kesehatannya baik ke petugas kesehatan, puskesmas terdekat atau langsung ke rumah sakit serta menerapkan pola makan sehat meskipun tugas tidak bisa ditinggalkan.(bay/sri)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.