Sebelum Lulus, Wajib Upacara Bendera

CIANJUR – Siswa kelas XII SMAN 1 Sukaresmi lakukan upacara terakhir dengan personil semuanya kelas XII dan yang menjadi inspektur upacara Kepala SMAN 1 Sukaresmi. Setelah upacara selesai, juga ada penampilan seni dari para siswa kelas XII.

Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Urusan Kesiswaan SMAN 1 Sukaresmi, Dadan Hamdan H, mengatakan, upacara terakhir tersebut merupakan kegiatan rutin siswa kelas XII setelah melaksanakan ujian nasional, ujian praktik, dan ujian sekolah.

“Maka ada satu tahapan lagi yakni upacara terakhir siswa kelas XII, di mana yang menjadi personilnya adalah seluruh siswa kelas XII, mereka sengaja mempersiapkan diri untuk berlatih. Mempersiapkan kostum dan juga personilnya sampai dengan prosesi di akhir upacara seperti penampilan seni dan lainnya yang intinya mereka memberika penampilan terakhir,” kata dia kepada Cianjur Ekspres,Senin (22/4).

Dadan mengatakan, acara tersebut merupakan tradisi yang rutin dilaksanakan di SMAN 1 Sukaresmi dan untuk yang di tahun pelajaran 2018-2019 ini upacara terakhir telah dilaksanakan pada Senin (15/4) lalu. Berjalan dengan sukses dan lancar yang diikuti oleh seluruh siswa dan guru, serta yang bertindak sebagai inspektur upacara adalah langsung kepala sekolah SMAN 1 Sukaresmi, Jarwoto.

“Tujuannya untuk memberikan kesan yang menarik sekaligus memberikan semangat untuk adik-adiknya bahwa kelas XII ini tetap memberikan kontribusi di mana mereka telah melaksanakan kegiatan selama tiga tahun, memotivasi untuk memberikan yang terbaik untuk SMAN 1 Sukaresmi,” ujarnya.

Dadan berharap agar para siswa SMAN 1 Sukaresmi yang keluar pada tahun ini bisa terjun ke masyarakat secara baik dan maksimal, sesuai dengan potensinya masing-masing, dan bisa menjaga nama baik almamater sekolah.

“Semoga bisa memberikan kepercayaan kepada masyarakat bahwa memang mereka tidak salah menyekolahkan putra putinya ke SMAN 1 Sukaresmi, karena inti dari yang mahal yang mereka terima adalah proses yang dilaksanakan. Hasil akhir biarlah mereka yang menentukan sendiri, tetapi prosesnya kami maksimalkan selama tiga tahun di SMAN 1 Sukaresmi,” pungkasnya (job3/sri).