LPPTRM Minta Pemkab Tanam Pohon Keras

CIANJUR – Sekretaris Jenderal Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Tata Ruang Megapolitan (LPPTRM) Wilayah Cianjur Utara Ade Kosasih mengatakan, dihari Bumi ini agar Pemerintah Daerah (Pemda) segera melakukan penanaman pohon keras disepanjang jalan protokol.

“Saran saya kepada Pemda Cianjur, untuk segera melakukan penanaman pohon keras di sepanjang jalan protokol, seperti dengan tanaman Mahoni, Cemara Kuning, atau kalau dimungkinkan tanaman yang berbuah seperti Mangga, Jambu dan lainnya,” ungkap Ade kepada Cianjur Ekspres, Senin (22/4).

Ade mengatakan, saat ini Bumi (alam) secara umum sudah sangat tua, perlu perhatian dan tindakan khusus dalam menjaga, memelihara dan menyehatkannya. “Jangan merasa bumi ini warisan nenek moyang, tapi harus merasa bahwa bumi ini adalah titipan generasi mendatang,” katanya.

Menurutnya, pemanfaatan ruang sumber daya bumi dan pemeliharaan mahluk hidup yang ada di atas bumi ini harus dilakukan secara terintegrasi antara kebutuhan kehidupan manusia dan kewajiban menjaga habitat dan keseimbangan alam.

“Terkhusus di wilayah Cianjur Utara harus segera mempersiapkan aturan atau regulasi ketat dalam rangka pemanfaatan ruang guna mengimbangi percepatan pembangunan,” terangnya.

Menurutnya apabila hal tersebut terabaikan, maka sama saja dengan merusak dan menghancurkan hidup dan kehidupan generasi yang akan datang. “Lalu bagaimana dengan generasi anak cucu kita,” katanya.

Ade mengatakan, tak bisa dipungkiri, sebagai generasi penerus wajib untuk empertanggungjawabkan perbuatan kita terhadap bumi hari ini. (yis/sri)