Masa Tenang, Ribuan APK Diturunkan Aparat Gabungan

0 45

CIANJUR – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Satpol PP Kabupaten Cianjur, mengaman ribuaan alat Peraga Kampanye (APK) yang terpasang di sejumlah wilayah di Cianjur bertepatan dengan masuknya masa tenang pemilu 2019, Minggu (14/4).

Komisioner Bawaslu, Hadi Dzikri Nur, mengatakan, penertiban APK yang dilakukan serentak di seluruh wilayah Cianjur itu, dilakukan seiring masuknya masa tenang Pemilu 2019.

“Penertiban dibantu Dinas Perhubungan (Dishub) Cianjur, dengan menerjunkan satu unit crane, untuk menurunkan APK peserta pemilu yang terpasang ditempat sulit untuk dijangkau,” katanya kepada wartawan, Minggu (14/4).

Dia menjelaskan, penertiban dilakukan dimulai dari kawasan perbatasan Cianjur dengan Bandung Barat, tim menyisir setiap titik yang masih terpampang alat peraga.”Penertiban akan terus dilakukan hingga H-1 pencoblosan atau pada 16 April,” katanya.

Bahkan, Hadi menambahkan, selain APK yang berada di jalanan atau gang, pihaknya juga akan menertibkan APK di posko pemenangan. Pasalnya saat masa tenang harus benar-benar steril dari segala bentuk peraga kampanye, termasuk di posko pemenangan.

“Yang diperbolehkan nantinya hanya di kantor DPC atau DPD, itupun sebatas bendera parpol. Sedangkan caleg atau capres itu dilarang,” kata dia.
Untuk memaksimalkan proses penertiban, pihaknya telah membentuk patroli masa tenang yang bertugas memantau berbagai potensi kerawanan pemilu atau pelanggaran yang dilakukan tim maupun peserta pemilu.

“Kami bentuk tim patroli masa tenang, mereka akan terus bekerja hingga hari pencoblosan. Tim patroli memantau atau mengantisipasi berbagai potensi kerawanan seperti politik uang,” katanya.

Hadi menambahakan, jajarannya juga terus melakukan pemantauan terhadap akun media sosial, baik milik calon, tim sukses sampai akun pribadi.”Masa tenang semua aktivitas kampanye dilarang, termasuk kampanye di media sosial. Kalau ditemukan akan tindak dengan aturan yang berlaku,” katanya.

Pantauan Cianjur Ekspres, sejumlah alat peraga pada hari pertama masa tenang masih banyak yang terpasang. Pemandangan tersebut bisa di lihat di sejumlah titik di jalan Dr. Muwardi Cianjur. Hingga pukul 16.30 Wib, alat peraga kampanye baik partai politik maupun calon presiden dan wakil presiden masih terpampang. (bay/sri)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.