Kontekstual Learning ke Yogyakarta

SMAN 1 Ciranjang Kunjungi Beberapa Objek Wisata yang Memiliki Sejarah

0 22

CIANJUR – Sebanyak 274 siswa kelas XI melakukan Kontekstual Learning selama empat hari di Yogyakarta. Kegiatan yang bertujuan agar para siswa bisa belajar secara langdung dengan objeknya langsung tersebut dilaksanakan dari tanggal 1 hingga 4 April 2019 lalu.

Staf Kesiswaan SMAN 1 Ciranjang, Yusuf Eliyadi mengatakan, Kontekstual Learning sebenarnya merupakan pembelajaran langsung dengan cara melihat objek-objek secara langsung, mengobservasi, dan mengeksplorasi.

“Dari sana siswa belajar sesuatu dihubungkan dengan berbagai mata pelajaran yang ada di sekolah, seperti mata pelajaran sejarah, PPKN, Matematika, Ekonimi dan lainnya, semuanya dihubungkan dengan Kontekstual Learning tersebut,” kata dia kepada Cianjur Ekspres, Kamis (11/4).

Dalam kegiatan Kontekstual Learning di Yogyakarta tersebut, juga dikunjungai beberapa tempat yang ada di Yogya untuk di observasi dan di eksplorasi.

“Diharapkan siswa dapat menghubungkan atau mengkonekkan yang riil di lapangan, misal Borobudur dari sisi sejarahnya seperti apa, lalu dari seninya bagaimana, seperti ukir patung, pahat dan lainnya,” ungkapnya.

Yusuf melanjutkan, pembelajaran ekonominya bagaimana di masyarakat sekitar, ke lapatur juga sama bagaimana bisa ada obyek wisata lapatur, lalu ekonomi masyarakatnya seperti apa? dengan adanya lapatur itu.

“Jadi para siswa belajar langsung dan dikaitkan dengan mata pelajaran yang ada di sekolah langung belajar mengamati, dan melaporkan. Semoga wawasan mereka dengan adanya kegiatan pembelajaran tersebut bisa semakin bertambah,” ujarnya (job3/sri).

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.