Danone-AQUA Bangun Kolam Resapan di Kebonpeuteuy

Diresmikan Pemanfaatnya oleh Plt Bupati Cianjur H Herman Suherman

0 49

CIANJUR – Danone-AQUA, Universitas Padjajaran dan Bupati Cianjur, Herman Suherman melakukan serah terima kolam resapan yang dibangun di Desa Kebonpeteuy, Kecamatan Gekbrong. Kolam tersebut dapat digunakan sebagai sumber air masyarakat saat musim kemarau.

Sebagai pelopor perusahaan air minum dalam kemasan (AMDK), Danone-AQUA menekankan pentingnya melakukan pengelolaan sumber daya air untuk menjaga kualitas dan kuantitas air tanah alami melalui pengembalian air ke dalam ekosistem, pemakaian air secara bertanggung jawab serta meningkatkan akses terhadap air bersih untuk masyarakat.

“Pabrik AQUA Cianjur saat ini menjalankan upaya memasukkan air kembali ke dalam tanah melalui kolam resapan (waterpond). Potensi sumber daya air yang melimpah di Gunung Gede memiliki peranan penting terhadap Pabrik AQUA Cianjur yang terletak di lereng timur Gunung Gede.” kata Bupati Cianjur, Herman Suherman usai penyerahan, Kamis (11/4).

Dia menjelaskan, pemanfaatan sumber daya air tersebut perlu diimbangi dengan usaha untuk menjaga kelestarian sumber daya air, sehingga kegiatan yang dijalankan pabrik AQUA Cianjur merupakan upaya yang bertanggung jawab.

“Kolam resapan dapat meresapkan air kembali ke dalam tanah, sekaligus mengalirkan air bersih ke rumah penduduk. Ini merupakan hal yang luar biasa. AQUA dapat ikut melestarikan lingkungan dan memperhatikan kebutuhan akses air bersih untuk masyarakat,” katanya.

Kolam resapan tersebut, merupakan bagian dari konservasi air dan dibangun Danone-AQUA sejak September 2018 bekerja sama dengan ahli dari Universitas Pajajaran-Bandung. Air yang dapat diresapkan kembali ke dalam tanah sebesar 126 juta liter per tahun.

“Jumlah tersebut digunakan untuk masjid, sebagian masyarakat lebih dari 40 Kepala Keluarga (KK) dan sisanya sebagai sumber kolam resapan,” kata Kepala Pabrik AQUA Cianjur Novan Yulianto.

Dia menjelaskan, pembuatan kolam resapan merupakan salah satu dari banyak kegiatan konservasi yang selama ini dilakukan pabrik AQUA Cianjur sejak 2011. Kolam resapan memiliki manfaat ganda, memberikan akses air bersih pada warga Desa Kebonpeteuy dan melakukan konservasi air tanah.

“Kegiatan konservasi lain yang sudah dilaksanakan pabrik AQUA Cianjur adalah pembangunan sarana air bersih dari 2011 hingga 2018 dengan penerima manfaat yang sudah mencapai 2.452 kepala keluarga atau 12.384 jiwa yang tersebar di beberapa desa,” katanya.

Dia menambahkan, kegiatan lainnya yang dilakukan pabrik Cianjur, seperti konservasi pohon sebanyak 70.342, biopori sebanyak 12.500 titik, 51 sumur resapan dan terakhir membuat kolam resapan yang hari ini (kemarin-red) diresmikan Bupati Cianjur di Desa Kebunpeuteuy, Kecamatan Gekbrong. (bay/sri)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.