Dalam Tiga Bulan, 42 Kejadian Bencana Alam di Cianjur

0 98

CIANJUR – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur mencatat selama periode Januari-Maret 2019, ada sebanyak 42 bencana alam terjadi di sejumlah wilayah, mulai dari banjir, pergerakan tanah, dan longsor.

Sekertaris BPBD Kabupaten Cianjur, Sugeng Supriyatno, mengatakan puluhan bencana alam terjadi akibat faktor alam terutama tingginya curah hujan yang diperkirakan akan berakhir hingga Mei.

“Bencana longsor terjadi 24 kali, banjir lima kali, pergerakan tanah dua kali sedangkan untuk jembatan ambruk satu kali dan sisanya bencala lain. Rata-rata bencana alam itu terjadi di wilayah selatan,” katanya kepada wartawan, Senin (8/4).

Dia menjelaskan, daerah yang sering terjadi longsor diantaranya di Kecamatan Campaka, Leles, Sukaresmi dan Cidaun, sedangkan untuk pergerakan tanah baru terjadi di dua Kecamatan Sukaresmi dan Cidaun.

Menurutnya, dalam setiap kejadian tidak ada korban jiwa, namun kerugian materil diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah dan sebagian kecil warga mengungsi karena perkampungan mereka terancam longsor atau pergerakan tanah.

“Bencana banjir rata-rata terjadi karena aliran sungai yang meluap akibat cuaca ekstrem, curah hujan yang tinggi dengan intensitas lama,” katanya.

Dia menuturkan, setiap mendapat laporan atau temuan bencana di seluruh wilayah Cianjur, BPBD langsung bertindak dengan mengrimkan petugas ke lokasi untuk melakukan pendataan dan membawa bantuan logistik.

“Bencana yang terjadi sepanjang tahun di wilayah rawan bencana, mengakibatkan 164 rumah mengalami rusak berat dan ringan. Seratusan kepala keluarga sempat mengungsi ketempat yang dinilai aman,” katanya.

Tidak hanya ratusan rumah, tambah dia, bencana yang terjadi mengakibatkan ratusan hektar lahan sawah mengalami gagal panen dan puluhan hektar perkebunan rusak.

“Sebagian besar wilayah Cianjur, rawan dengan terjadinya bencana alam dan masuk dalam zona merah kebencanaan. Kami mengimbau warga di seluruh kecamatan di Cianjur tetap waspada terlebih saat hujan turun deras,” katanya.(bay/red)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.