Warga Harapkan Jalur Kereta Bisa Segera Berfungsi

PT KAI Lakukan Proses Lelang Jalur Ciranjang-Padalarang

0 98

CIANJUR – Eksekutif Vice President Daop 2 Bandung, Saridal, mengatakan, PT KAI akan mengupayakan pengaktifan kembali sejumlah stasiun yang dilintasi. Namun, menurutnya, perlu persiapan dan anggaran yang cukup besar untuk pengaktifannya.

“Secara bertahap pasti kami fungsikan, seperti yang diharapkan warga di stasiun selajambe. Tapi kan anggaran untuk operasionalnya juga perlu disiapkan. Makanya secara perlahan akan diupayakan,” kata dia.

Di sisi lain, pembangunan dan perbaikan jalur kereta api rute Ciranjang-Padalaran ditargetkan selesai pada tahun ini. Namun PT KAI belum bisa memastikan kapan pengaktifannya akan dilakukan.

Eksekutif Vice President Daop 2, Saridal, mengatakan, PT KAI tengah melakukan proses lelang untuk pengerjaan jalur kereta Ciranjang-Padalarang. Sehingga di akhir tahun ini dipastikan pengerjaannya selesai.

“Target tahun ini sudah selesai (pengerjaannya, red). Kalau aktivasinya belum bisa dipastikan kapan,” kata dia kepada Cianjur Ekspres, Selasa (19/3).

Dengan selesainya permbangunan tersebut, kereta api rute Cianjur-Bandung bisa kembali beroperasi seperti dulu.

Dia menambahkan, untuk rute Cianjur-Ciranjang dalam waktu dekat akan diaktifkan. Mengingat perbaikannya sudah rampung. “Untuk Cianjur-Ciranjang dalam waktu dekat sudah bisa berfungsi dan ada rute tambahan untuk keretanya,” kata dia.

Dia mengharapkan, keberadaan transportasi massal tersebut bisa mempermudah warga untuk beraktifitas dan menjadi moda transportasi pilihan utama bagi warga.

Pengguna transportasi kereta api (KA) mengharapkan PT KAI kembali memfungsikan sejumlah stasiun yang belum diaktifkan. Pasalnya, keberadaan kereta sangat dibutuhkan sebagai transportasi massal, mengingat lalu lintas di Cianjur yang kerap kali terjadi kemacetan.

Salah satu stasiun yang nantinya tidak akan berfungsi saat rute Cianjur-Ciranjang beroperasi ialah stasiun Selajambe. Selain itu, beberapa stasiun di rute Cianjur-Sukabumi pun juga tidak berfungsi.

Kepala Desa Selajame, Agus Junaedi, mengatakan, bakal difungsikan kembalinya rute Cianjur-Ciranjang menjadi kabar baik bagi warga di wilayah timur. Sayangnya, beberapa stasiun yang dilalui belum akan difungsikan.

Padahal, menurutnya, warga di selajambe dan sekitarnya mengharapkan stasiun di Selajambe bisa kembali difungsikan agar warga bisa menggunakan transportasi massal tersebut secara optimal.

“Di sini kan ada stasiun, tapi katanya hanya melintas tidak difungsikan. Padahal kami berahap bisa naik kereta dari stasiun ini,” kata dia kepada wartawan usai kegiatan pemberian CSR PT KAI, Selasa(19/3).

Menurutnya, warga saat ini sangat membutuhkan transportasi massal, mengingat sejumlah ruas jalan utama kerap kali terjadi kemacetan parah. Pasalnya terdapat sejumlah industri besar, sehingga arus lalulintas tersendat saat jam masuk dan pulang kerja.

“Warga yang beraktifitas tentunya akan lebih memilih kereta api dibandingkan memakai kendaraan sendiri atau transportasi massal lainnya. Karena sering terjebak macet. Makanya kami harap dari PT KAI segera memfungsikan lagi stasiun yang ada, termasuk stasiun Selajambe,” tuturnya. (bay/red)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.