SMKN PP Siapkan Program Tefa Bagi Siswa

0 112

CIANJUR – SMK Negeri Pertanian Pembangunan (PP) Cianjur pada tahun ajaran baru 2019-2020 mendatang akan membuka program Teaching Factory (Tefa), di mana para siswa akan melakukan praktik kerja secara langsung di sekolah. Tefa tersebut nantinya akan diikuti oleh semua jurusan di SMKN PP.

Wakil Kurikulum SMKN PP Cianjur, Ujang Firmansyah mengatakan, Tefa merupakan sistem pembelajaran di mana para siswa akan peraktik secara real di sekolah seperti di industri. Para siswa pun nantinya akan dibekali dengan keterampilan agar siswa itu bisa bekerja dengan baik.

“Nanti sampai ke pemasaran dan ada hasil Hasilnya nanti ada persentasi dan ada keuntungan bagi siswa dan balik lagi modalnya ke sekolah untuk di gulirkan kembali. Sistemnya nanti mengolah di sekolah dan akan di pasarkan secara langsung, misalnya dari ikan,” kata Ujang kepada Cianjur Ekspres.

SMKN PP Cianjur saat ini mempunyai lima jurusan diantaranya ada jurusan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH), Perkebunan, Perikanan, Kehutanan, dan Teknologi Pengolahan Hasil Pangan (TPHP).

“Ke lima jurusan yang ada di SMKN PP Cianjur nantinya akan mengikuti program tersebut. Misalnya dari jurusan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH), akan melakukan pengolahan lahan hingga terjual dan siswa pun akan ikut memasarkan terus untuk perkebunan,” ujarnya.

Menurut Ujang, program tersebut diadakan bertujuan agar siswa lebih terampil, karena SMK itu menyiapkan tenaga kerja, jadi jika siswa sudah merasakan bagaiaman sekolah itu seperti di dunia industri, suatu saat para siswa bekerja tidak kaget lagi.

“Harapannya mudah-mudahan berjalan dengan lancar, siswa bisa mengikuti dari mulai kedisiplinan segala macam, terus skilnya juga dapat, terus nanti ke depannya mudah-mudahan siswa bisa berprestasi di dunia industri, karena mereka sudah mengalami di sekolah. Intinya siap kerja dan siap berwirausaha tidak hanya teori saja,” pungkasnya (job3/sri).

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.