Masih Berbasis Kertas dan Pensil, USBN SMKN 1 Cipanas Berjalan Lancar

Sebanyak 74 Siswa SDN Pasir Hayam Akan Melaksanakan UASBN

0 50

CIANJUR – Pelaksanaan Ujian Sekolah Berstrandar Nasional (USBN) di SMKN 1 Cipanas sejak seminggu yang lalu berlangsung lancar. Sedikitnya 501 siswa sudah mengikuti USBN dalam 15 mata pelajaran.

Kepala SMKN 1 Cipanas Bambang Ronny didampingi Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Bagian Sarana dan Prasarana SMKN 1 Cipanas Faisal Sandi menjelaskan, selama satu minggu pelaksanaan USBN bisa berjalan lancar sesuai petunjuk teknis.

Ada 501 siswa SMKN Cipanas yang mengikuti USBN yang terbagi kedalam tujuh jurusan meliputi Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, Teknik Komputer Jaringan, Akomodasi Perhotelan, Administrasi Perkantoran, Bisnis Daring Pemasaran, Agrobisnis Pengolahan Hasil Pertanian, dan Akuntasi.

“Untuk USBN kali ini pembuatan soalnya 25 persen oleh pemerintah pusat dan 75 persen oleh guru mata pelajaran yang tergabung musyawarah guru mata pelajaran Kabupaten Cianjur,” paparnya.

Dijelaskannya untuk proses pengerjaan USBN ini dikerjakan dengan manual. Sedangkan untuk Ujian Nasional Berstandar Nasional (UNBK) minggu depan akan dilaksanakan menggunakan komputer.

“Dalam USBN kali ini ada 15 mata pelajaran yang diujikan. Sedangkan untuk minggu depan UNBK mata pelajaran terbagi matematika, bahasa inggris, bahasa indonesia, dan teori kejuruan,” ujarnya.

Ditambahkannya, untuk kelulusan tahun ini diserahkan kepada satuan pendidikan masing-masing. Ada beberapa aspek penilaian kelulusan siswa yakni dari USBN, UNBK, dan uji kompetensi keahlian (UKK).

“Untuk sekarang pemerintah sudah mempercayai sekolah, sebagai penentu kelulusan. Kami harapkan sekolah bisa melaksanakannya dengan sesuai aturan dan memegang kepercayaan pemerintah,” tuturnya.

Pihaknya memiliki target untuk tingkat kelulusan sendiri 100 persen, tentunya dengan nilai yang memuaskan. Untuk mencapai target tersebut sebelumnya siswa sudah mengikuti berbagai pelatihan dan pembinaan.

“Alhamdulillah tahun kemarin siswa kami ada yang memperoleh nilai tertinggi kedua se – Kabupaten Cianjur dalam pelajaran bahasa Inggris. Semoga tahun ini siswa kami pun bisa mendapat prestasi yang lebih baik,” pungkasnya.

Sementara itu sebanyak 74 siswa kelas VI SDN Pasir Hayam siap melaksanakan Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) yang akan di gelar pada 22 hingga 24 April mendatang. Hal itu terbukti dengan berbagai perisapan seperti telah mengulas mata pelajaran yang telah dipelajari, kemarin (19/3).

Guru Pendidikan Jasmani (Penjas) sekaligus operatos SDN Pasir Hayam, Denda Pratama mengatakan, dalam menghadapai UASBN, para siswanya memang telah dipersiapkan dari jauh-jauh hari.

“Untuk persiapannya, karena kami ingin para siswa kami nantinya bisa mencapai hasil yang sangat memuaskan, kami telah melakukan berbagai persiapan seperti mengulas mata pelajaran ke belakang,” kata dia kepada Cianjur Ekspres. (yis/job3/sri)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.