Percepat Layanan Adminduk

0 124

CIANJUR, cianjurekspres.net – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil ) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mengklaim telah melakukan peningkatan dan percepatan pelayanan administrasi kependudukan. Bahkan jumlah print ready record atau data yang sudah siap cetak, terus digenjot agar lama antrean pencetakan tidak lagi panjang.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Cianjur, Moch Ginanjar, mengatakan, pihaknya kini sudah mendekatkan layanan administrasi kependudukan, mulai dari pembuatan kartu keluarga, perekaman e-KTP, hingga ke pencetakan.

“Sekarang sudah bisa dilakukan di kantor kecamatan yang telah ditunjuk, mulai dari wilayah utara sampai ke Cianjur Selatan sudah ada cabang layanannya. Bahkan kebanyakan yang di kantor Disdukcapil sekarang hanya dari wilayah Karangtengah, Sukaluyu, dan Mande,” tuturnya kepada Cianjur Ekspres, kemarin (29/5).

Dia mengatakan, dibuatkannya cabang layanan tersebut dilakukan untuk memudahkan warga yang jauh dari kantor Disdukcapil untuk memproses adminduk. Dengan begitu, warga dari Cianjur selatan pun bisa lebih menghemat biaya, karena hanya perlu datang ke kantor kecamatan.

“Kalau sebelumnya kan harus datang ke kantor Disdukcapil, sudah menghabiskan waktu, menghabiskan uang untuk ongkos juga. Makanya kami dekatkan supaya bisa ada penghematan dan lebih cepat,” kata dia.

Selain itu, Ginanjar menuturkan, jika pihaknya tengah menggenjot pencetakan antrean data kependudukan yang sudah siap cetak. Bahkan dari total sebelumnya ada lebih dari 100 ribu antrean print ready record, kini tersisa sekitar 60 ribu data yang dicetak.

Menurutnya, dengan ketersediaan blanko KTP yang saat ini sudah normal dan bertambah setiap habis dan sesuai kebutuhan, pihaknya yakin antrean tersebut bisa lebih cepat terselesaikan. Hal itu akan memotong rentang waktu dari awal perekaman hingga pencetakan.

“Kalau sekarang kan ada keterlambatan itu karena antrean yang juga panjang, tapi akan kami terus genjot agar lebih cepat selesai. Target kami 1.500 sampai 3.000 KTP per hari bisa dicetak, jadi dalam waktu dekat antreannya bisa tuntas,” pungkasnya. (bay/yhi)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.