Anak Paud Diperkenalkan Upaya Pencegahan Kebakaran

Guru dan Orang Tua Ikut Serta dalam Sosialisasi Penanggulangan Kebakaran

0 41

CIANJUR – Puluhan anak Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) mendapatkan edukasi tentang pencegahan kebakaran dan cara menanggulangi bahaya kebakaran dari Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) 1 Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Cianjur, di jalan Perintis Kemerdekaan, baru-baru ini.

Anak-anak Paud yang mendapatkan edukasi tentang cara pencegahan kebakaran dan cara menanggulangi bahaya kebakaran berasal dari Paud Tunas Bangsa, Kecamatan Karangtengah dan Paud Ibtikari, Kecamatan Cianjur. Selain anak-anak yang mendapatkan edukasi, tak ketinggalan orang tua yang mendampingi juga mendapatkan hal serupa.

Operator Damkar Micky Arrysona, mengatakan, substansi kegiatan pemberian edukasi tentang Damkar disampaikan khusus kepada anak-anak hanya pengenalannya saja, tentang bagaimana tugas para pemadam kebakaran memperkenalkan alat-alat penunjang kinejra pemadam kebakaran.

“Namun di luar hal tersebut kami melaksanakan sosialisasi terhadap ibu gurunya dan para orangtuanya sebagai bentuk antisipasi pencegahan kebakaran di wilayahnya masing-masing, terutama di rumahnya sendiri,” kata Micky kepada Cianjur Ekspres.

Micky mengungkapkan, tidak hanya difokuskan kepada anak-anak saja. Namun kalau menghitung persentase untuk penjelasannya, yakni antara 30 sampai 70 persen. 70 persen di fokuskan sosialisasi pencegahan kebakaran kepada para guru dan orangtuanya, dan untuk 30 persennya pengenalan alat dan tugas dari pemadamnya itu kepada anak-anak.

“Harapan kami sebagai petugas Damkar, apa yang telah kami sosialisasikan, yang telah kami jelaskan pada bisa bermanfaat di lingkungannya masing-masing dalam rangka mencegah terjadinya kebakaran,” ungkapnya.

Dikatakan Micky, pada 13 Maret mendatang bakalan ada kunjungan dari TK atau Paud. Selain itu, dari sekolah lain diharapkan bisa datang dalam rangka kunjungan edukasi tentang pencegahan dan penanggulangan kebakaran.

“Kami sangat mengharapkan dari sekolah lainnya bisa menyusul ikut datang, dalam rangka kunjungan edukasi untuk bisa lebih paham apa itu kebakaran dan bagaimana cara menanggulanginya, dan bagaimana cara pencegahannya apa yang harus dilakukan pada saat kebakaran,” pungkasnya (job3/sri).

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.