KSJ Gaet Yayasan dari Jepang Tangani Orang Gila

0 40

CIANJUR – Komunitas Sehat Jiwa (KSJ) bakal melakukan kerjasama dengan yayasan sosial dari Jepang untuk menangani Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Tidak hanya dari pengobatan, penanganan juga dilakukan hingga terkait kemiskinannya.

Pembina KSJ, Iwan Mustofa, mengatakan, perwakilan dari yayasan tersebut dibawa langsung meninjau kondisi ODGJ di Cianjur, yakni Denah warga RT 02/ RW 02 Desa Susukan Kecamatan Campaka.

“Kebetulan kami sedang lakukan pembebasan pasung di Campaka. Sekaligus membawa perwakilan dari Jepang tersebut turun ke lapangan melihat langsung ODGJ di Cianjur,” kata dia kepada Cianjur Ekspres, Selasa (5/3).

Menurutnya, Denah merupakan ODGJ yang sudah mengidap gangguan sejak beberapa tahun lalu. Mirisnya, perempuan tersebut hidup sebatangkara lantaran orangtuanya meninggal enam tahun lalu.

Rumah dari ODGj tersebut juga memprihatinkan, dimana bangunannya sudah reyot dan hampir roboh. Warga pun sempat khawatir di musim hujan ini, rumah tersebut roboh dengan Denah ada di dalamnya.

“Sehari-hari memang diam di rumah, tidak dipasung namun dia memang alami gangguan kejiwaan. Warga sudah khawatir rumahnya roboh. Selain itu juga dikhawatirkan ODGJ itu membakar rumahnya, sementara di sana kan pemukiman padat, sehingga bisa sampai menjalar ke pemukiman lainnya,” kata dia.

Oleh karena itu, lanjut Iwan, pihaknya membawa ODGj tersebut ke KSJ untuk diberi pengobatan hingga sembuh. Sementara itu, untuk rumahnya, KSJ dengan Yayasan dari Jepang tersebut akan memperbaikinya.

“Rencananya mereka akan turut membantu, tidak hanya untuk ODGJ ini tapi untuk ke depannya juga bekerjasama dengan kita. Saya senang dari pihak luar pun peduli dengan kemiskinan dan masalah ODGJ di Cianjur. Kami harap di daerah juga turut memperhatikan,” pungkasnya.(bay/sri)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.