FSMC Pertanyakan Pembatasan Pemutaran 17 Lagu

0 50

CIANJUR – Forum Silaturahmi Musisi Cianjur (FSMC) turut menanggapi beredarnya isu terkait aturan yang dikeluarkan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Barat tentang pembatasan pemutaran 17 lagu.

Sekretaris FSMC, Irfan Fauzie (ilusi), mengatakan, ketentuan tersebut dinilai patut dipertanyakan. Meskipun bukan bentuk pelarangan melainkan sebatas pembatasan, hal itu tetap akan menimbulkan kekisruhan dari para musisi dan seniman musik.

“Menurut saya ini masih rancu dan patut dipertanyakan. Jangan sampai ini malah menimbulkan polemik yang berkelanjutan,” kata dia.

Menurutnya, masalah tersebut menjadi isu panas sepertihalnya RUU permusikan. Dimana aturannya masih prematur dan perlu disempurnakan sebelum dilayangkan ke publik. Sebab bakal memicu komentar dan perdebatan dari para seminam atau pelaku seni di Jawa Barat.

“Nantinya malah menimbulkan resistensi. Bahkan tekanan muncul juga dari berbagai kalangan termasuk dari kelompok indie,” kata dia.

Dia mengaku khawatir, aturan itu akan mempengaruhi ke daerah lain dan mengadopsi rancangan tersebut. Bahkan ke depannya dimungkinkan akan banyak lagi karya musik yang dilarang, sehingga kebebasan dalam berkarya akan sangat terbatas di negara demokrasi.

“Harapan saya sebelumnya pernah saya sampaikan tentang RUU permusikan, harusnya pemerintah lebih bijak dalam melayangkan sesuatu, ditekan terus menerus nanti takutnya jadi negara diktator, gak boleh ini gak boleh itu, padahal sudah jelas kita adalah negara demokrasi,” pungkasnya.(bay/sri)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.