Pekan Olahraga Penjas Diikuti 58 Sekolah

Berasal dari Lima Kabupaten, Cianjur, Bandung Barat, Purwakarta, Sukabumi dan Bogor

0 62

HIMPUNAN Mahasiswa Pendidikan Jasmani (Himapora) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Suryakancana (Unsur) Cianjur menggelar Pekan Olahraga Pendidikan Jasmani (Penjas) ke VII Tahun 2019, di stadion mini FKIP Unsur, Sabtu (23/2).

Ketua Prodi Pendidikan Jasmani, Ervan Kastrena M.Pd mengatakan, pekan olahraga Penjas tersebut diikuti oleh pra siswa dan siswi SMA/SMK dari Cianjur, Sukabumi, Bogor, Purwakarta dan Bandung Barat.
Acara dibuka langsung oleh Rektor Unsur, Prof Dr H Dwidja Priyatno S.H., M.H., S.Pn didampingi Dekan FKIP Dr. H Munawar Rois M.Pd.

Adapun kegiatan pekan olahraga Penjas tersebut bertindak sebagai Ketua Pelaksana Hari Hariyanto, Sekretaris Panitia Adilla Octavia Nur Azizah, dan Ketua HIMA Prodi Penjas Acep Saepul Rizwan.

“Ini merupakan kegiatan tahunan pekan olahraga Penjas yang ke- VII yang diikuti oleh para peserta dari lima kabupaten. Alhamdulillah yang daftar dari Kabupaten Bandung Barat, Purwakarta, Cianjur, Sukabumi dan Bogor. Adapun pertandingan yang di lombakan diantaranya futsal putra putri, bola voli putra putri, basket putra putri dan atletik,” kata Ervan kepada Cianjur Ekspres.

Ervan menjelaskan, even tersebut bertujuan untuk mengenalkan lingkungan kampus, serta sebagai Tri Dharma perguruan tinggi. “Ada 58 sekolah yang mendaftar,” katanya.

Dikatakan Ervan, Tri Dharma perguruan tinggi itu ada penelitian pendidikan dan pengabdian. “Ini merupakan salah satu pengabdian Prodi Penjas untuk meningkatkan prestasi dan memfasilitasi serta mewadahi siswa-siswi yang memiliki kompetensi dibidang olahraga,” ungkapnya.

Pekan olahraga Penjas ini kata Ervan, merupakan simbiosis yang pada intinya sekolahnya berprestasi. Rata-rata yang mengikuti kegiatan ini melanjutkan daftar ke Prodi Penjas dan mereka mengembangkan keahliannya untuk berprestasi di kancah universitas.

“Lulusan pekan olahraga Penjas di kampus di prodi kami ada yang juara internasional pencak silat, terus divisi utama liga futsal dan itu merupakan hasil dari kegiatan seperti ini,” ujarnya.

Pekan olahraga Penjas tersebut berlangsung dari 23 Februari dan akan berakhir pada 20 Maret mendatang. Hadiah utama uang pembinaan dan sertifikat dan tropi akan diperebutkan. Secara khusus mengembangkan prestasi olahraga di Kabupaten Cianjur, umumnya prestasi untuk nasional.

“Selain itu, ini bisa menjadi wadah untuk perkembangan karakter siswa juga, dan banyak hasil penelitian menunjukkan jika siswa aktif berolahraga dia akan terjauh dari perilaku menyimpang seperti tawuran ,obat-obat terlarang, dan pergaulan bebas,” pungkasnya (adv/job3/sri).

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.