Peringati Hari Peduli Sampah Nasional, Aparat Gabungan Bersih-bersih Jangari

0 43

CIANJUR – Ratusan orang yang terdiri dari anggota Polres, Kodim 0608, Dinas Perhubungan Cianjur, dan warga turun bersama ke kawasan wisata Waduk Jangari untuk memunguti sampah-sampah yang berserakan.

Kegiatan tersebut selain untuk membersihkan Waduk Jangari dari sampah, juga bertepatan dengan diperingatinya Hari Peduli Sampah Nasional.

Kegiatan dilakukan dengan melakukan penyisiran setiap sudut salah satu lokasi wisata unggulan Cianjur itu. Sampah-sampah yang ditemui menjadi sasaran utama giat bersih-bersih tersebut. Terutama, sampah plastik yang memang sangat banyak ditemukan.

“Ini memang menjadi bentuk kepedulian kami terhadap lingkungan. Selain itu juga, kami ingin menumbuhkan kesadaran akan pentingnya lingkungan yang bersih,” ujar Kapolres Cianjur, AKBP Soliyah kepada wartawan,Kamis (21/2).

Menurut dia, Waduk Jangari dipilih sebagai lokasi kerjabakti karena kawasan itu dinilai perlu dijaga dan dirawat dengan baik. Apalagi, Waduk Jangari selalu menjadi sorotan sebagai destinasi wisata daerah.

“Jangari ini merupakan objek wisata andalan Cianjur. Kita harus memberikan kesan yang aman dan nyaman bagi para wisatawan yang datang. Karena tak hanya wisatawan lokal, wisatawan dari luar negeri pun banyak datang ke lokasi ini,” ucapnya.

Dia mengatakan, adanya momentum hari peduli sampah menjadi waktu yang tepat untuk memberikan pengetahuan dan pendidikan kepada masyarakat secara langsung, mengenai pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan, sekaligus menjalankan program Polisi Peduli

Dia menuturkan, membangun kepedulian lingkungan itu perlu di tanamkan sejak dini. Terutama, agar warga sadar bahwa kebersihan itu penting bagi banyak aspek, diantaranya untuk menjaga kesehatan dan mengantisipasi datangnya wabah penyakit.

“Semua pihak mesti terus diajak dan disadarkan, agar mulai berhenti membuang sampah sembarangan. Dengan begitu semua pihak bisa menjaga ekosistem yang ada di Waduk Jangari,” tuturnya. (bay/sri)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.