Siapkan Siswa Memasuki Dunia Kerja Melalui PKL

0 109

CIANJUR – Para siswa yang telah melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) diharapkan mampu mendulang ilmu saat bekerja di dunia nyata. Pengalaman yang didapat menjadi bekal saat keluar atau lulus dari sekolah.

Hal itu diungkapkan Kepala SMK AL-Mubarokah, M. Apep Mubarok ketika disinggung mengenai manfaat adanya PKL bagi para siswanya.

Sebelumnya 38 siswa SMK Al-Mubarokah di Kampung Puncakwaru RT 02/RW 05, Desa Padaasih, Kecamatan Cijati telah melaksanakan PKL di enam instansi pemerintahan di Kabupaten Cianjur. Diantaranya di Kantor Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Cianjur, kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Cianjur, Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Cianjur. Kantor Kementrian Agama Kabupaten Cianjur, Kantor Inspektorat Kabupaten Cianjur dan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Cianjur.

“Untuk PKL sebelumnya telah dilaksanakan dari 2 Desember dan berakhir pada 2 Februari 2019 lalu. Alhamdulillah para siswa kami bisa melaksanakan PKL dengan lancar dan tanpa ada hambatan,” katanya.

Apep mengungkapkan, para siswa SMK Al-Mubarokah yang telah mengikuti PKL tidak dikenakan biaya sedikitpun. Hanya saja para peserta PKL hanya mempersiapkan bekal untuk pribadinya masing-masing.

“Kalau di sekolah kami memang gratis seratus persen, dari mulai pendaftaran, SPP, Prakerin atau PKL, Ujian Akhir Sekolah (UAS), Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan perpisahan semuanya gratis,” ungkapnya.

Para siswa yang telah selesai melaksanakan PKL, setelah ke luar sekolah diharapkan mampu dan siap bekerja di berbagai instansi pemerintahan dan swasta.

“Sesuai dengan visi kami yakni mampu mencetak siswa yang berprestasi, meningkatkan kecerdasan siswa, berdedikasi tinggi, unggul dalam keagamaan dan berwawasan global. Selain itu, pada tahun ini pun kami membuka pendaftaran secara gratis dan tanpa di pungut biaya sedikitpun,” pungkasnya (job3/sri).

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.