Horee..! Tol Cianjur-Bandung Tahun Ini Dibangun

Sudah Masuk dalam Penyusunan DED

0 179

CIANJUR – Pembangunan jalan tol Ciranjang-Bandung ditargetkan mulai berjalan di tahun ini. Pemerintah Kabupaten Cianjur pun mulai melalukan persiapan untuk mendukung program pembangunan pemerintah pusat itu.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Cianjur, Agus Indra, mengatakan, saat ini proses pembangunan baru masuk dalam penyusunan Detail Engineering Design (DED).

“Hari ini (kemarin, red) kami gelar rapat dengan perwakilan dari pemerintah pusat. Baru tahap awal penyusunan DED,” kata Agus Indra kepada Cianjur Ekspres, Rabu (13/2).

Menurutnya, untuk DED belum bisa dipastikan akan selesai kapan, mengingat langsung dilakukan oleh konsultan dari pusat. “Kami menunggu saja hasilnya,” kata dia.

Dia mengatakan, tol yang melintasi beberapa kecamatan di wilayah timur Cianjur, mulai dari Sukaluyu, Ciranjang, Bojongpicung, hingga Haurwangi dengan panjang lintasan 14 kilometer.

“Terkoneksi dengan tol Bogor-Sukabumi, kemudian Ciranjang-Bandung, tepatnya ke Cipularang,” kata dia.

Pemerintah daerah, lanjut dia, juga turut membantu dengan memasukkan perencanaan dalam revisi Rencana Tata Ruang WIlayah (RTRW), termasuk menyiapkan zonasi yang bakal terlintasi oleh tol tersebut.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan jika pembangunan Jalan Tol Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba) bakal segera dibangun. Diyakini pembangunan jalan tol bakal menjadi alternatif akses transportasi dan meningkatkan ekonomi ke depannya.

Jalan tol yang melintasi Cianjur menuju Bandung tersebut merupakan pembangunan lanjutan dari Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) yang rampung dalam waktu dekat.

“Sudah direncanakan, nanti akan dibangun tol dari Bogor ke Bandung, melintasi Sukabumi dan Cianjur. Kalau Bogor-Sukabumi dalam waktu dekat selesai,” ujar dia saat kunjungan ke Cianjur, belum lama ini.

Menurutnya, perencanaan lanjutan, termasuk titik yang dilalui jalan tol akan segera dilakukan, supaya pembangunannya bisa dilakukan dalam waktu dekat.

Jokowi juga menambahkkan, jalan tol tersebut menjadi pilihan bagi pemilik kendaraan, terutama para wisatawan untuk bepergian, apakah mereka mau melalui jalan tol atau jalur biasa.

“Akses ke Cianjur juga bisa lebih cepat. Jadi ada pilihan bagi mereka (pengendara, red),” kata dia.

Senada, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengatakan, rencana pembangunan jalan tol tersebut sudah disetujui oleh presiden dan segera direaliasikan. Keberadayannya pun diyakini akan meningkatakan ekonomi Cianjur, baik dari sektor wisata atau lainnya.

“Tentu ini jadi hal positif bagi Cianjur, dan daerah lain yang dilalui oleh tol tersebut,” kata dia.(bay/sri)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.