Baznas Targetkan Zakat Rp 12 Miliar

0 131

 

CIANJUR, cianjurekspres.net – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Cianjur, menargetkan penerimaan zakat infak dan sodakoh (ZIS) tahun ini bisa mencapai Rp 12 Miliar. Target tersebut dinilai cukup realistis, mengingat umat islam Cianjur sudah lebih sadar untuk membayarkan zakat fitrah ke Baznas.

Kepala Baznas Kabupaten Cianjur, Yosep Umar, mengatakan, dari jumlah penduduk Cianjur yang mencapai lebih dari 2 juta orang, diperkirakan ada sekitar 1,8 jutanya yang beragama islam. Dari jumlah tersebut, jika masing-masing berzakat melalui Baznas, maka capaiannya bisa 150 persen dari target yang ditentukan.

“Dengan target itupun kami yakin bisa tercapai. Apalagi sekarang kesadaran warga Cianjur untuk bezakat melalui Baznas sudah lebih tinggi. Meskipun masih ada juga yang berzakat fitrah di lingkungannya secara langsung,” kata dia kepada Cianjur Ekspres, kemarin (22/5).

Dia menjelaskan, untuk nilai besaran zakat di tahun ini, yakni sebsar Rp 28 ribu untuk warga yang mengkonsumsi beras dengan kualitas pasar, sementara Rp 40 ribu untuk warga yang mengkonsumsi beras dengan kualitas premium.

“Nantinya dari hasil yang terkumpul akan langsung kita salurkan kepada mereka yang berhak menerima, dimana para penerima ini sudah sesuai dengan kriteria atau ketentuan
penerima zakat fitrah,” katanya.

Menurutnya, rata-rata umat islam dalam membayarkan zakat terjadi pada sepuluh hari terakhir Ramadan. Selain itu, lebih banyak lagi yang melakukan pembayaran zakat fitrah pada saat satu hari menjelang Idul Fitri, atau saat malam takbir.

“Kebanyakan pembayaran dilakukan diakhirkan. Makanya dilihat nanti capaian diakhir bagaimana. Tapi optimis jika target bisa tercapai secara maksimal, karena saat ini pembayaran zakat fitrah yang dilakukan masyarakat melalui baznas cukup tinggi,” tuturnya.

Diungkapkan Yosep, Baznas Kabupaten Cianjur sebagai penghimpun dan penyalur zakat infak dan sodakoh dalam setiap tahunnya selalu melakukan peningkatan. Tiap tahunnya penerimaan dari zakat selalu mengalami peningkatan dan melebihi dari target. Dengan meningkatnya penerimaan dari masyarakat mengindikasikan bahwa tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Baznas saat ini semakin bertambah.

“Dari hasil evaluasi tersebut, diketahui bahwa, Baznas Kabupaten Cianjur dapat dikatakan berhasil. Ini terlihat dari dana yang dihimpun dari masyarakat mengalami peningkatan dari tahun ke tahun,” pungkasnya. (bay/yhi)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.