Dinkes Sosialisasikan Penggunaan Septic Tank di Rumah

0 32

CIANJUR – untuk meningkatkan kualitas hidup yang sehat, Dinas Kesehatan melalui Bidan dan Pemerintah Desa Sukamulya, Kecamaran Warungkondang, Kabupaten Cianjur mengadakan sosialisasi kepada masyarakat untuk membangun septic tank atau MCK di masing-masing rumah yang belum memiliki.

Bidan Desa Sukamulya, Kecamatan Warungkondang, Nurlaela Sari mengatakan, kegiatan ini merupakan program dari Dinas Kesehatan yang didukung oleh Pemerintahan Desa Sukamulya.

“Sebenarnya ini adalah program dari Dinas Kesehatan, dan didukung penuh oleh Pemdes Sukamulya,” kata Bidan Nurlaela, kepada Cianjur Ekspres.

Nurlaela atau yang biasa disapa Lala itu mengatakan, tujuan dari sosialisasi dan pembangunan septic tank ini untuk menekan angka stunting. Karena menurutnya, sebagian warga saat ini masih saja buang air besar di sungai dan terkadang didaratan yang sekiranya sepi dilalui orang.

Lala menjelaskan, penyebab dari stunting tersebut juga berawal dari kotoran manusia yang di hinggapi lalat dan lalat tersebut berkeliaran masuk ke dalam rumah selanjutnya menempel di makanan yang terbuka dan secara tidak menyadarinya manusia tersebut memakan makanan yang telah dihinggapi lalat.

“Stunting itu penyebabnya berawal dari makanan yang tidak sehat. Maka dari itu kita berupaya semaksimal mungkin untuk mencegah itu semua,” katanya.

Lala mengatakan, dari sekian banyak warga yang sebelumnya belum mempunyai septic tank, kini sudah mulai menyadari akan pentingnya pola hodup sehat dengan salah satunya warga atau per setiap KK harus memiliki septic tank.

“Alhamdulillah, target kami untuk meningkatkan tarap hidup sehat di Desa Sukamulya ini sudah ada peningkatan yang signifikan. Diharapkan bisa terus diterapkan oleh masyarakat,” pungkasnya.(yis/sri)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.