Penyerapan Dana Desa Capai Rp 412 Miliar

0 65

KEPALA Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Cianjur Ahmad Danial mengatakan bahwa anggara dari Dana Desa (DD) untuk Kabupaten Cianjur yang sudah tersalurkan ke setiap desa capai Rp 412 miliar.

Hal tersebut diungkapkannya saat menghadiri acara mutasi ratusan Sekretari desa (Sekdes) yang siap untuk dimutasi ke kecamatan. “Kalau untuk tahun kemarin itu hanya Rp 362 miliar dan sekarang ada peningkatan menjadi Rp 412 miliar,” kata Danial, kepada Cianjur Ekspres, Kamis (10/1).

Danial mengatakan, kalau dihitung rata-rata per desanya bisa menerima kisaran Rp 800 juta hingga Rp 1,6 miliar. “Untuk tahun ini belum ada proses pencairan, karena masih menunggu penetapan APBDes terlebih dahulu,” ujarnya.

Menurutnya, untuk pemanfaatan dana desa (DD) itu lebih banyak digunakan ke insfrstruktur dan sebagian lagi ke pemberdayaan. “Dana desa itu hampir 85 persennya digunakan untuk infrastruktur dan 15 peraennya ke pemverdayaan. Dan saya harap ke depannya anggaran tersebut lebih kepada untuk pemberdayaan, karena kalau infrastruktur itu hampir semua pembangunannya rata,” pungkasnya.(yis/red)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.