Kementerian ESDM Bantu Empat Sumur Bor

Program Pengentasan Daerah Sulit Air Bersih Melalui Pengeboran Air Tanah Dalam

0 15

Kementerian ESDM Bantu Empat Sumur Bor
CIANJUR – Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) memberikan bantuan sumur bor di Desa Ciharashas, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur. Serah terima bantuan kemarin (10/1) dilakukan oleh Deputi Keuangan dan Monetisasi SKK Migas, Parulian Sihotang. Selain penyerahan juga dilakukan sosialisasi penerangan jalan umum tenaga surya (PJU-TS).

Hadir dalam kesempatan itu Anggota DPR RI Komisi VII Joko Purwanto, Pemkab Cianjur yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Yanto Hartono.

“Acara ini merupakan program badan Geologi, Kementerian ESDM pada tahun anggaran 2018 di wilayah Kabupaten Cianjur dan Kota Bogor. Penyerahan dipusatkan di lokasi sumur bor di Desa Ciharashas, Kecamatan Cilaku,” kata Deputi Keuangan dan Monetisasi SKK Migas, Parulian Sihotang, kepada Cianjur Ekspres, Kamis (10/1).

Dikatakan Parulian, penyerahan ini menandakan bahwa sumur bor yang telah dibangun pada tahun 2018, sebanyak tujuh unit. Emapt unit diantaranya ada di Cianjur dan tiga unit di Kota Bogor.

“Selain itu, penyerahan ini juga dimaksudkan sebagai bahan sosialisasi kepada masyarakat bahwa pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian ESDM, bekerjasama dengan pemerintah daerah dan didukung oleh DPR RI (Komisi VII) memiliki program yang pro terhadap kesejahteraan masyarakat, yaitu pengentasan daerah sulit air bersih melalui pengeboran air tanah dalam,” katanya.

Menurutnya, Empat unit sumur bor yang dibangun di Kabupaten Cianjur dan tiga unit di Kota Bogor pada tahun 2018 tersebut memiliki spesifikasi teknis kedalaman 100-125 meter. Dengan debit antara 1,5 s/d 2,5 liter/detik, dengan konstruksi pipa besi galvanis diamater 6 inchi, pasokan listrik dari genset dengan kapasitas 10 kVA=8 kWatt, dan menggunakan pompa selam (submersible) 3 PK.

“Dengan debit air rata-rata 2,5 liter/detik, setiap sumur bor mampu melayani kebutuhan air bersih sampai dengan 2800 jiwa,” katanya.

Secara keseluruhan, sejak awal tahun 2000 sampai dengan akhir tahun 2018, Kementerian ESDM berhasil membangun sumur bor sebanyak 2.290 unit sumur bor tersebar di 179 Kabupaten,Kota, dengan kapasitas debit air bersih mencapai sekitar 144,4 juta meter kubik per tahun, yang dapat melayani sebanyak kurang lebih 6,6 juta jiwa.

“Untuk di Kabupaten Cianjur sendiri, berhasil dibangun sebanyak empat unit sumur bor yang tersebar di Desa Ciharashas, Kecamatan Cilaku, Kelurahan Bojong Herang, Kecamatan Cianjur
Desa Selajambe, Kecamatan Sukaluyu, Desa Sukamanah, dan Kecamatan Karang Tengah,” ujarnya.

Perlu diketahui, dengan adanya program seperti ini maka disinilah pemerintah ini hadir ditengah masyarakat, dan di harapkan program ini tetap berjalan. “Saya harap program ini tetap terus berjalan, sehingga masyarakat yang kesulitan dengan air bersih ini bisa terbantu dengan program bantuan sumur bor tersebut,” pungkasnya. (yis/sri)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.