Tebing Cadas Gantung Ambrol

0 167

 

CIANJUR, cianjurekspres.net – Tebing Cadas Gantung setinggi 20 meter yang berada di Jalan Batukasur, Kampung Gadog, Desa Gadog, Kecamatan Pacet, Cianjur, longsor akibat diguyur hujan dari siang hingga malam, kemarin (21/5).

Warga bersama Camat Pacet, Muzani Saleh dan Kasie Trantib Kecamatan Pacet, Deni Hamdan, turun langsung untuk membantu melakukan evakuasi material longsoran yang menutupi badan jalan Batukasur.

Adi Nugraha, 30, warga Kampung Gadog, mengatakan, kejadian ini berawal saat hujan deras terus mengguyur Kampung Gadog dari pukul 13.00 wib hingga pukul 22.00 wib, dan tepatnya pukul 19.30 wib, tebing setinggi 20 meter itu mengalami longsor hingga menutupi badan jalan Batukasur.

“Kejadiannya sekitar pukul 19.30 wib, longsoran persis berada diatas rumah saya,” kata Adi Nugraha saat ditemui di lokasi kejadian, kemarin (21/5).

Ia mengatakan, tebing setinggi 20 meter itu diatasnya terdapat sebuah vila milik Aseng, yang ditunggui Pandi, 45, warga sekitar. Menurutnya, tebing tersebut sebelumnya sudah dipasangi penyanggah dari kayu dan juga besi karena sudah ada tanda-tanda akan terjadi longsor.

“Kalau tidak ditahan, mungkin longsornya sudah dari awal pak, saya sangat bersyukur sekali longsoran tebing setinggi 20 meter itu tidak mengenai ke warung saya,” katanya.

Sementara itu, Camat Pacet, Muzani Saleh, menuturkan, peristiwa longsor itu terjadi pada malam hari sekitar pukul 19.30 wib. Dan pihaknya sudah melaporkan kejadian tersebut ke BPBD dan juga pemerintah kabupaten.

“Saya dapat infonya tadi malam, tapi saya belum bisa memberikan keterangan pasti karena saat itu belum turun langsung ke lokasi. Ternyata setelah kita lihat longsoran ini hanya menutupi badan jalan saja,” kata Muzani.

Ia mengatakan, saat ini pihaknya bersama warga sekitar bergotong royong untuk mengevakuasi longsoran tersebut, agar kendaraan roda empat bisa lewat kembali di Jalur tersebut.

“Alhamdulillah tidak ada korban luka maupun korban jiwa. Saat ini bersama warga kami tengah berusaha untuk membersihkan tanah dan batu yang sempat menutupi badan jalan,” pungkasnya. (mg2/yhi)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.