Linmas Memiliki Peran Penting dalam Setiap Pengamanan

0 32

CAMPAKA – Seiring dengan kemajuan jaman, peran aktif Perlindungan Masyarakat (Linmas) sering dipandang sebelah mata oleh semua kalangan.

Padahal kalau keberadaan Linmas ini banyak memiliki peran strategis yang tidak hanya berorientasi menjaga kamtibmas saja, akan tetapi bisa jadi garda terdepan dalam memberikan bantuan keselamatan jika terjadi bencana di masyarakat.

“Linmas ini memiliki peran penting sebagai mitra TNI dan Polri dalam setiap pengamanan. Oleh karena itu, Linmas diharapkan dapat menjadi pelopor terciptanya keamanan, ketentraman, ketertiban di tengah masyarakat serta meningkatkan fungsi siskamling dalam masyarakat,” ujar kapolsek Campaka AKP Tio kepada Cianjur Ekspres saat ditemui selepas melakukan pembinaan terkait peran perlindungan masyarakat (Linmas) dihalaman Desa Sukajadi, Kecamatan Campaka, Kamis (9/1).

Dikatakan Tio, poskamling sebagai acuan paling fenomenal di lingkungan masyarakat, dimana setiap kepala keluarga wajib mendapat jadwal rutin untuk mengamankan dan menertibkan lingkungan mereka sendiri. Keberadaan linmas penting bukan hanya sebagai rutinitas yang ada di lingkungan masyarakat, akan tetapi miliki peran juga dalam setiap hajat pemilu, yang baik pileg maupun pilpres.

“Jadi jangan sekali-kali kita ini meremehkan peran aktif Linmas, ingat tahun tahun sebelumnya. Acap kali geliat pemilu. Situasi selalu berjalan aman dan tertib, nah itu terjadi karena adanya peran linmas juga,” katanya

Dari Pemilihan Legislatif hingga Pemilihan Presiden, peran Linmas dalam menjaga situasi dan kondisi di TPS-TPS, perlu kita acungkan jempol dan apresiasi positif. Bukan hanya keterlibatannya saja melainkan juga keberadaannya ditengah-tengah masyarakat.

“Tidak hanya itu dalam menjaga keamanan, ketertiban dan mengurangi bencana, tenaga Linmas sangat dibutuhkan sewaktu-waktu dan peran Linmas untuk menciptakan situasi yang kondusif merupakan tanggung jawab bersama,” pungkasnya. (zen/sri)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.